Breaking News:

Pilkada Musirawas 2020

KPU Musirawas Verifikasi Dokumen Perbaikan Persyaratan Calon Bapaslon yang Belum Memenuhi Syarat

KPU melakukan verifikasi terhadap dokumen perbaikan persyaratan calon kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Musirawas

SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Apandi, Divisi Teknis KPU Musirawas 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas, Apandi mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap dokumen perbaikan persyaratan calon kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Musirawas yang akan mengikuti pilkada tahun 2020 ini.

Dikatakan, dokumen perbaikan persyaratan calon ini sudah disampaikan oleh Liasion Officer (LO) atau tim penghubung dari bapaslon H Hendra Gunawan - H Mulyana dan bapaslon Ratna Mahmud - Hj Suwarti.

"Dari hasil verifikasi dokumen syarat calon sebelumnya, kedua bapaslon ini belum memenuhi syarat dan wajib memperbaiki dokumen persyaratan calon.

Tapi dalam rapat pleno yang sudah kita laksanakan, syarat-syarat yang harus diperbaiki itu sudah disampaikan oleh LO masing-masing bapaslon dan akan kita verifikasi lagi. Sesuai tahapan, verifikasi perbaikan ini mulai 14 - 22 September 2020," ujar Apandi, kepada Sripoku.com, Selasa (15/9/2020).

KPU Musirawas Verifikasi Faktual Syarat Calon di 4 Lokasi Pendidikan Terakhir Paslon Cabup & Cawabup

KPU Musirawas Terima Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati H Hendra Gunawan - H Mulyana

Sementara itu, KPU Kabupaten Musirawas telah menggelar rapat pleno penyampaian hasil verifikasi syarat pencalonan dan syarat calon bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Musirawas di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Senin (14/9/2020).

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Musirawas Anasta Tias, bersama empat komisioner lainnya, Ania Trisna, Syarifudin, Wahyu Hidayat dan Apandi.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua Bawaslu Musirawas Oktureni Sandhara Kirana dan dua Komisioner Bawaslu lainnya. Hadir pula Liaison Officer (LO) atau tim penghubung dari bakal pasangan calon H Hendra Gunawan - Mulyana dan Ratna Mahmud - Hj Suwarti.

Hasil rapat pleno tersebut sudah dituangkan dalam berita acara nomor 167/BA/1605/KPU-Kab/IX/2020 tentang hasil penelitian keabsahan dokumen persyaratan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musirawas tahun 2020.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bapaslon H Hendra Gunawan - H Mulyana dan bapaslon Ratna Mahmud - Hj Suwarti, dinyatakan bahwa belum memenuhi syarat dan wajib memperbaiki dokumen persyaratan calon.

KPU Musirawas Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 9 dan PKPU 10 Tahun 2020 ke Parpol Pengusung

KPU Musirawas Siapkan Tenda untuk Pendaftaran Cakada, Sebelum Masuk Wajib Cek Suhu Tubuh

"Untuk Bapaslon H Hendra Gunawan - H Mulyana, itu yang perlu diperbaiki adalah syarat calon pak Mulyana, yaitu pajak SPT lima tahunannya. Sedangkan dari bapaslon Ratna Mahmud - Hj Suwarti yang perlu diperbaiki adalah syarat calon yang diajukan ibu Ratna Mahmud," kata Apandi.

Untuk Ratna Mahmud ini kata Apandi, KTP nya Jakarta. Karena itu surat dari pengadilan, kepolisian, harus sesuai dengan domisilinya.

Sementara saat mendaftar yang dilampirkan adalah dokumen yang dikeluarkan dari Sumsel, bukan Jakarta.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan terhadap ijazah, karena kampusnya sudah tidak aktif lagi di Jakarta.

Maka pihak KPU mengecek ke Dikti Wilayah III DKI Jakarta untuk cek keabsahan ijazah tersebut dan saat ini masih dalam proses.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved