Breaking News:

Ramadhan

30 Hari Ramadhan Rahmat & Ampunan

Bulan Ramadhan itu terbagi tiga ”Permulaan Bulan Ramadhan a­dalah rahmat, pertengahannya ampunan, sedang akhirnya a­dalah pembebas dari api neraka

30 Hari Ramadhan Rahmat & Ampunan
ist
Dra. Hj. Sumiati, M.Pd.I

Oleh : Dra. Hj. Sumiati, M.Pd.I

Guru SMA Muhammadiyah 1 Palembang

Bulan Ramadhan sudah kita jalani lebih dari 10 hari, kadang ki­ta mendengar lewat Radio atau ma­jelis Ta’lim di masjid-mas­jid, musholla dan tempat-tempat lainnya, bahwa ada hadits Bulan Ramadhan itu terbagi tiga yakni ”Permulaan Bulan Ramadhan a­dalah rahmat, pertengahannya ampunan, sedang akhirnya a­dalah pembebas dari api neraka”.

Hadirin atau pendengarpun “manggut-manggut”.

Entah itu tanda setuju, tanda mengerti atau apalah. 

Saya berkeyakinan bahwa hadits ini begitu akrab di telinga umat Islam Indonesia, khususnya saat Ramadhan men­je­lang tiba.

Uraian ini saya kutip dari buku “Pedoman Praktis Ilmu Hadits”, hal. 68-75 karya Ustaz Dr.H. Adi Hidayat, LC.,MA terbitan Quantum Akhyar Institut cetakan Pertama 2016.

Kutipan hadits tersebut sebagai berikut :

“Kualitas hadits tersebut sesung­guh­nya amat perlu dicermati karena sementara pakar menilainya se­bagai hadits yang tak layak dijadikan acuan.

Untuk itu, penulis a­kan mengajak pembaca menelusuri otentisitas hadits dimaksud dan meneliti secara ilmiah kualitasnya dari segi sanad (matan).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved