Breaking News:

Human Interest Story

Herman Deru Vaksinasi Dosis Kedua di Sako, "Superman" pun Bersedia Disuntik

Namun, saat akan disuntik vaksin Sinovac, Yosef melepas sebagian kemejanya hingga terlihatlah kaus manusia super yang dipakainya.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Soegeng Haryadi
SRIPOKU.COM / Jati Purwanti
Kepala BPOM Palembang, Yosef Dwi Irwan, menggunakan kaus Superman saat menjalani penyutikan vaksin dosis kedua di Puskesmas Multiwahana, Sako, Palembang, Kamis (28/1/2021). 

GUBERNUR Sumsel Herman Deru bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Sumsel kembali disuntik vaksin dosis kali kedua. Kali ini dilakukan di Puskesmas Multiwahana, Sako, Palembang, Kamis (28/1). Menariknya "Superman" pun ikut disuntik bersama Forkompinda di Puskesmas tersebut.

*****

Tentu saja bukan Superman sesungguhnya yang ikut vaksinasi. Dia adalah Kepala BPOM Palembang, Yosef Dwi Irwan yang mengenakan kaos dengan gambar dada logo Superman. Namun tak urung hal itu membuat heboh yang menyaksikan vaksinasi itu.

Yosef sebelumnya diketahui menggunakan kemeja batik Palembang. Namun, saat akan disuntik vaksin Sinovac, Yosef melepas sebagian kemejanya hingga terlihatlah kaus manusia super yang dipakainya.

Baca juga: Gubernur Herman Deru: Vaksinlah Dulu, Nanti Kita Pikirkan Lagi Kapan Kembali Sekolah Tatap Muka

Beberapa orang yang hadir di lokasi vaksinasi pun menyambut Yosef dengan cukup heboh karena kaus yang dikenakannya. Tak hanya itu, ada pula yang meneriakkan agar kemeja Yosef dibuka dengan lengkap.

"Lepas dulu kemejanya, Pak," ujar salah satu orang yang hadir di lokasi. Seketika suasana vaksinasi yang mulanya tegang mencair karena aksi Yosef.

Ditemui usai menerima vaksin, Yosef mengatakan tak sengaja mengenakan kaus tersebut. Ia mengaku lupa harus melepaskan kemeja ketika akan disuntik vaksin.

"Sebenarnya tidak ada kesengajaan. Saya lupa harus lepas kemeja pas mau divaksin jadi kelihatanlah kaus Superman," katanya diwawancarai usai proses vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Multiwahana, Sako, Palembang, Kamis (28/1).

Baca juga: Kebetulan Saya Puasa Senin Kamis, Curhat Pangdam II Sriwijaya Saat Suntik Vaksin Covid-19 Kedua

Dia mengungkapkan alasannya menggunakan kaus Superman tersebut yakni agar masyarakat yakin jika vaksinasi harus dilakukan. Terlebih, program vaksinasi dilakukan sebagai salah satu ikhtiar untk memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Selain itu, Yosef pun memang mengidolakan sosok pahlawan super dalam komik yang diterbitkan oleh DC Comics.

"Tentunya ini merupakan suatu gerakan yang kita dukung bersama, ibaratnya, Superman mendukung vaksinasi. Orang super pun harus divaksin apalagi yang bukan super. Artinya, ini sebagai idiom saja bukan suatu kesengajaan saja," ujarnya.

Yosef berharap aksinya menggunakan pakaian unik saat disuntik vaksin ini dapat semakin menambah semangat serta menginspirasi masyarakat untuk turut serta divaksin.

Baca juga: Herman Deru Mengaku Lebih Percaya Diri Seusai Divaksin Covid-19 Kedua Kali, Tidak Usah Ragu

"Mudah-mudahan bisa menambah kepercayaan kita untuk patuh terhadap protokol kesehatan," jelasnya.

Yosef menambahkan, dia tak merasakan efek samping yang berarti baik vaksinasi pertama maupun kali kedua. "Intinya program vaksinasi Covid-19 harus kita dukung karena memberikan manfaat yang sangat baik. Meskipun sudah divaksin harus tetap patuh protokol kesehatan," tambah dia.

Menurut Yosef, BPOM menjamin dan mengawal mutu vaksin Sinovac mulai dari uji klinis hingga penyimpanan di instalasi farmasi provinsi dan kabupaten kota. Hal ini karena suhu ruang penyimpanan harus berada di angka tertentu agar vaksin terjaga.

Baca juga: Alasan Kepala BPOM Palembang Pakai Kaus Superman saat Divaksin Sinovac, Orang Super Saja Divaksin

"Masyarakat jangan percayai berita-berita hoaks yang berseliweran sebelum ada keterangan dari otoritas yang berkenan," kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru yang menerima dosis kedua vaksin Covid-19, mengaku lebih percaya diri. Dia pun mengajak masyarakat Sumsel untuk melakukan proses vaksinasi Covid-19 di masing-masing fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk

“Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan vaksin Covid-19 dosis kedua dari tahapan vaksin, dan ini berjalan lancar. Tidak ada yang berubah prosedur dan SOP-nya dengan vaksin pertama,” jelas Herman Deru.

“Karenanya saya imbau kepada masyarakat Sumsel untuk segera lakukan vaksinasi, dengan cara mendaftarkan diri terlebih dulu dan mendatangi fasilitas kesehatan yang ada. Sebab dengan vaksin, akan lebih percaya diri tapi tidak lupa diri. Kita tetap harus patuh 3M dan protokol kesehatan,” tambahnya.

Hingga kini 100.200 dosis vaksin Covid-19 tiba di provinsi Sumsel dan telah didistribusikan ke 17 kabupaten kota di Sumsel.

“Saya meminta masyarakat untuk mendapatkan informasi vaksinasi di faskes terdekat. Tidak usah ragu dengan adanya hoaks soal vaksin. Kita buktikan saja dengan kenyataan, kami yang sudah vaksin contohnya, kami baik-baik saja,” ujar Deru. (jati purwanti)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved