Breaking News:

Komunisme

Komunisme Dan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia

Indonesia memiliki pengalaman kelam mengenai komunisme melalui bebe­ra­pa kali kasus kekerasan yang melibatkan para pengikut berhaluan komunis

ist
DR ABDURRAHMAN 

DR Abdurrahmansyah

Dosen FITK UIN Raden Fatah Palembang

Indonesia memiliki pengalaman kelam mengenai komunisme melalui bebe­ra­pa kali kasus kekerasan yang melibatkan para pengikut berhaluan ideologi komunis yang sempat muncul dan berkembang di Indonesia.

Sejarah tragedi ber­darah yang melibatkan PKI sebagai partai politik besar yang berhaluan sosialisme komunis terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan Gestapu (Gerakan Tiga Puluh September) dan memakan korban beberapa jenderal TNI.

Setelah peristiwa Gestapu, keberadaan ideologi komunis di Indonesia se­cara praktis dibungkam dan dinyatakan sebagai ideologi terlarang ber­da­sarkan TAP MPRS Nomor: XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran Partai Ko­munis Indonesia.

Sekaligus menegaskan larangan setiap kegiatan untuk menyebarkan atau mengembangkan paham atau ajaran komunis/Marxisme-Leninisme di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Semenjak Indonesia merdeka tahun 1945 sampai 1966, ideologi komunisme berkembang luas di kalangan bangsa Indonesia dan mewarnai kebijakan pen­didikan di Indonesia pada kurun waktu itu.

Tulisan singkat ini berupaya un­tuk mendeskripsikan posisi ideologi komunisme dalam sistem kebijakan pen­didikan termasuk penetrasi ideologi komunisme dalam kurikulum pendi­dik­an.

Komunisme dan Kurikulum di Indonesia

Kurikulum merupakan suatu kebijakan publik karena kurikulum yang di­nya­takan berlaku berdampak kepada kehidupan sebagian terbe­sar  ma­sya­rakat.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved