Breaking News:

Pilkada 2020 di Sumsel

Terapkan Aplikasi Sirekap, Petugas KPPS di Musirawas Harus Punya Ponsel Pintar

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Penulis: Ahmad Farozi | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Ahmad Farozi
Apandi, Divisi Teknis KPU Musirawas 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Kabupaten Musirawas tahun 2020 harus memiliki ponsel pintar.

Hal ini diperlukan guna mendukung aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang akan diterapkan pada pemilihan serantak tahun 2020.

"KPU akan menerapkan aplikasi Sirekap sebagai instrumen rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Untuk menggunakan aplikasi ini, memerlukan ponsel pintar. Karena itu, dari tujuh orang petugas KPPS, paling tidak satu orang harus memiliki ponsel pintar, guna mendukung penerapan aplikasi Sirekap ini," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Musirawas Apandi, kepada Sripoku.com, Kamis (5/11/2020).

Dijelaskan, aplikasi Sirekap ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan dalam update data rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Dimana, dengan aplikasi ini, cukup memotret Formulir C-Hasil-KWK, maka seluruh data dalam formulir tersebut langsung terinput.

Dikatakan, formulir C-Hasil-KWK ini merupakan sertifikat hasil dan rincian pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Dimana seluruh dokumen hasil pemungutan suara yang sebelumnya bernama formulir C-KWK, C1-KWK dan C1Plano-KWK, kini dituangkan dalam formulir model C-Hasil-KWK ini.

"Formulir model C-Hasil-KWK inilah yang kemudian dipotret oleh petugas KPPS menggunakan telepon pintar dan selanjutnya diunggah ke aplikasi Sirekap.

Dimana sebelumnya, aplikasi Sirekap sudah dipasang di telepon pintar milik KPPS," katanya.

Dikatakan, foto dari formulir model C-Hasil-KWK yang diunggah ke aplikasi Sirekap ini selanjutnya akan dikonversi oleh sistem.

Pihak saksi dari masing-masing pasangan calon maupun tim pengawas akan mendapatkan akses Sirekap untuk memantau dan mengawasi hasil konversi tersebut. (ahmad farozi)

Baca juga: KPU Musirawas Sediakan Bilik Khusus Bagi Pemilih yang Suhu Tubuhnya di Atas Normal

 

Baca juga: KPU Musirawas Minta Persetujuan Paslon untuk Desain Surat Suara

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved