Breaking News:

Berita Musirawas

KPU Musirawas Sediakan Bilik Khusus Bagi Pemilih yang Suhu Tubuhnya di Atas Normal

KPU Musirawas Sediakan Bilik Khusus Bagi Pemilih yang Suhu Tubuhnya Diatas Normal

SRIPOKU.COM / Ahmad Farozi
Anasta Tias, Ketua KPU Musirawas 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas menyediakan empat bilik suara disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dimana satu diantaranya adalah bilik khusus yang disediakan bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas normal atau di atas 37,3 derajat celcius.

Ketua KPU Kabupaten Musirawas Anasta Tias mengatakan, bilik khusus ini disediakan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19.

Dikatakan, ketentuan bilik khusus ini sesuai dengan protokol kesehatan ketika pilkada berlangsung di tengah pandemi covid 19.

"Jadi disetiap TPS akan disediakan empat bilik suara. Satu bilik adalah bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat celcius.

Bilik khusus ini ditempatkan terpisah agak jauh dari bilik lainnya, tapi tetap dalam areal TPS. Pemilih yang suhu tubuhnya di atasnormal, diarahkan ke bilik khusus tersebut," kata Anasta Tias.

Dikatakan, selain menyediakan bilik khusus, upaya lainnya yang dilakukan dalam mencegah penyebaran covid 19 adalah mempersiapkan Alat Pelindung Diri (APD) dan Alat Pelindung Kerja (APK).

Baik untuk pemilih maupun untuk petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Demikian pula dalam hal penggunaan tinta bagi pemilih yang sudah selesai menggunakan hak suaranya, juga ada perbedaan dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya.

Jika selama ini pemggunaan tinta dilakukan dengan cara dicelup, maka dalam pemilihan sekarang ini menggunakan pipet.

"Teknisnya, tinta diambil atau disedot menggunakan pipet khusus, lalu dituangkan keatas jari pemilih yang sudah selesai menggunakan hak suaranya. Jadi tidak lagi dicelup seperti pada pemilihan sebelumnya," katanya.

Adapun mekanisme pemilihan di TPS kata Anasta Tias, wajib menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan.

Dimana, sebelum memasuki areal TPS atau sebelum memilih, wajib mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan.

Setelah itu dilakukan pengukuran suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer dan menggunakan sarung tangan yang telah disediakan disetiap TPS.

"Karena pelaksanaan pilkada ditengah pandemi covid 19 ini, semua prosedur protokol kesehatan harus diikuti," katanya. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved