Berita Ogan Ilir

Ini Alasan Bupati OI Belum Izinkan Gubernur Sumsel Meninjau Langsung Kebakaran Lahan di Kebun Raya

Ilyas mengaku jika dirinya sempat 'tak mengizinkan' Gubernur Sumsel Herman Deru, untuk turun langsung ke kebakaran Kebun Raya Sriwijaya.

Ini Alasan Bupati OI Belum Izinkan Gubernur Sumsel Meninjau Langsung Kebakaran Lahan di Kebun Raya
SRIPOKU.COM/RESHA
Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam (memegang selang), saat meninjau langsung lokasi kebakaran yang ada di Kebun Raya Sriwijaya, Kabupaten Ogan Ilir Senin (16/9/2019) 

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam meninjau langsung lokasi kebakaran lahan yang ada di Kebun Raya Sriwijaya, Desa Bakung Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Senin (16/9/2019).

Ia ditemani Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Herman, Kepala BPBD Ogan Ilir Jamhuri dan beberapa staff OPD.

Saat diwawancarai, Ilyas mengaku jika dirinya sempat 'tak mengizinkan' Gubernur Sumsel Herman Deru, untuk turun langsung ke lokasi tersebut.

Sebab menurutnya, kebakaran lahan yang terjadi di Kebun Raya tersebut belum mencapai taraf parah.

"Bapak Gubernur juga sudah menginstruksikan beberapa waktu lalu dan beliau ingin meninjau juga. Tapi waktu itu saya katakan belum perlu, karena lahan bukan terbakar api yang luas, hanya asap saja," ujarnya saat diwawancarai.

Ditambah lagi, dirinya beberapa hari lalu harus masuk rumah sakit, karena ada pendarahan di bagian hatinya. Hal itu yang membuatnya untuk belum merekomendasikan Gubernur Sumsel untuk turun meninjau langsung lokasi kebakaran.

"Alangkah tidak elok ketika pak Gubernur turun, saya tidak mendampingi. Alhamdulillah saat ini kondisi saya mulai membaik, dan pemadaman harus terus kita lakukan," katanya.

Namun dirinya sepakat dengan pernyataan Panglima, jika seluruh Kepala Daerah, baik level Gubernur maupun Bupati untuk turun langsung meninjau lokasi kebakaran.

Sebab dengan demikian, maka pihak pemerintah dapat turut merasakan kesulitan di lapangan, dan mengambil kebijakan yang dianggap perlu demi bencana kebakaran lahan ini.

BREAKING NEWS: Bus Rosalia Indah Tabrakan dengan Truk Tangki CPO, 8 Orang Dikabarkan Meninggal

Pelajar SMK Negeri di Ogan Ilir Tewas Setelah Menabrak Truk di Jalintim KM 28 Indralaya Utara

AKP I Putu Suryawan Jadi Polisi Gara-gara Pernah Ditilang, Paling Berkesan Ungkap 4,7 Ton Ganja

"Kita paham maksud baik itu. Kita sudah membentuk satgas peduli api di 33 desa rawan kebakaran hutan lahan di Ogan Ilir, dibayar juga honornya. Untuk BPBD kita tambahkan honornya dan ikutkan asuransinya. Tahun ini juga kita anggarkan untuk mempersiapkan mengatasi kebakaran lahan di tahun 2020," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved