Liputan Khusus

Warga Masih Buang Sampah di Lahan Kosong, Diberi Umpatan pun Tak Digubris

Bahkan parahnya di sana juga tertulis kata-kata kasar, hujatan dan umpatan yang ditujukan terhadap pelaku pembuang sampah di sana.

Editor: Soegeng Haryadi
Warga Masih Buang Sampah di Lahan Kosong, Diberi Umpatan pun Tak Digubris - Sripo-edisi-Minggu-12-Juni-2022.jpg
DOK. SRIPO
Sripo edisi Minggu, 12 Juni 2022; Kalimat Umpatan Pun tak Mempan
Warga Masih Buang Sampah di Lahan Kosong, Diberi Umpatan pun Tak Digubris - Tempat-pembuangan-sampah-oleh-warga.jpg
SRIPO/MERRY LESTARI
Tulisan yang melarang siapapun yang membuang sampah ditempat tersebut tak digubris oleh pelaku pembuag sampah
Warga Masih Buang Sampah di Lahan Kosong, Diberi Umpatan pun Tak Digubris - Tempat-yang-kerap-jadi-lokasi-pembuangan-sampah.jpg
SRIPO/MERRY LESTARI
Salah satu lokasi disekitar pemukiman yang kerap menjadi tempat pembuangan sampah. Padahal di lokasi tersebut ditulisi larangan membuang sampah ditempat tersebut.
Warga Masih Buang Sampah di Lahan Kosong, Diberi Umpatan pun Tak Digubris - Tempat-pembuangan-sampah-warga.jpg
SRIPO/CHAIRUL NISYAH
Salah satu tempat yang menjadi lokasi pembuangan sampah masyarakat di Palembang.

PALEMBANG, SRIPO – Sampah masih saja menjadi masalah di Palembang. Bukan saja tempatnya, tapi perilaku buang sampah sembarangan masih kerap terjadi, utamanya di lahan-lahan kosong sekitar pemukiman.

Perilaku buang sampah sembarangan tak hanya berdampak buruk terhadap lingkungan, melainkan juga menimbulkan keresahan bagi warga sekitar yang pemukimannya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Diakui oleh warga Kelurahan Pahlawan yang berlokasi di depan Madrasah Aliyah (MA) Al Falah Palembang (kawasan UIN Raden Fatah), penduduk sekitar lokasi pembuangan sampah mengaku sudah tak bisa berbuat apa-apa lagi untuk menginggatkan pelaku pembuang sampah tersebut, mengingat mereka sendiri tak tahu siapa orangnya.

“Udah gatau lagi mau gimana bilanginnya, kita juga gatau pasti orangnya siapa. Karena mereka ini yang buang sampah di sana itu malem-malem, jadi ya mana kita bisa negur beneran,” kata Agus, seorang warga pemilik toko manisan setempat.

Agus juga menyebut dirinya sering melihat orang yang bahkan sengaja melemparkan sampah dari dalam mobil seraya lewat dari tempat tersebut. Padahal jelas pada tempat yang dijadikan pembuangan tersebut banyak ditulisi larangan-larangan hingga hujatan bagi yang membuang sampah di sana.

Selain itu tempat yang benar-benar disediakan sebagai tempat pembuangan sampah atau Tempat Pembuangan Sementara (TPS)berada tak begitu jauh dari tempat tersebut. Namun karena malas menurut Agus, orang-orang sembarangan saja melemparkan sampah di pinggiran jalan yang berada di sebelah kanan Perguruan Methodist tersebut.

“Maaf-maaf ni ya, bahkan kebanyakan saya sering lihat yang suka buang sampah sembarangan di sana itu mahasiswa atau anak-anak kos yang ada di sekitar sini. Mereka males buat jalan sedikit lebih maju ke depan di pembuangan sana, jadi asal lempar aja,” kata Agus lagi.

Menurut Agus, bahkan Ketua RT maupun RW juga sudah cukup sering memberikan imbauan terkait larangan membuang sampah sembarangan di pinggir jalan itu. Namun tetap saja tak membuahkan hasil.

Hal serupa juga terjadi di sekitar Jalan Lebak Rejo, Kelurahan Sekip Jaya Palembang. Lahan kosong yang berada di persimpangan jalan tersebut menjadi spot pembuangan sampah bagi oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Padahal jelas di sana tertulis bahwa tanah tersebut ada pemiliknya, dan larangan terkait membuang sampah di sana juga sudah banyak tertulis. Bahkan parahnya di sana juga tertulis kata-kata kasar, hujatan dan umpatan yang ditujukan terhadap pelaku pembuang sampah di sana. Meski demikian, tumpukan sampah-sampah baru terlihat di tempat tersebut.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved