Breaking News:

OPINI : Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Membimbing dan Mengawasi Klien Pemasyarakatan

Pembimbing Kemasyarakatan (PK) adalah aparat penegak hukum yang melaksanakan Penelitian Kemasyarakan, Pendampingan, Pembimbingan, Pengawasan & Sidang

Editor: Odi Aria
Handout
Sarnudi (PK Ahli Muda Bapas Lahat). 

 

Oleh : Sarnudi (PK Ahli Muda Bapas Lahat)


SRIPOKU.COM-- Pembimbing Kemasyarakatan (PK) adalah aparat penegak hukum yang melaksanakan Penelitian Kemasyarakan, Pendampingan, Pembimbingan, Pengawasan dan Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan.

Dari banyaknya tugas dan fungsi tersebut tentu saja selalu menemukan persoalan yang menarik untuk dibahas, pada kesempatan kali ini penulis mengambil tema tentang bagaimana peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam melakukan pembimbingan dan pengawasan terhadap klien pemasyarakatan.


Klien pemasyarakatan adalah seseorang yang telah dinyatakan keluar dari dalam Lapas atau Rutan dan masuk dalam integrasi sosial berupa Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat ataupun Cuti Menjelang Bebas.

Ketika klien pemasyarakatan sudah memasuki masa integrasi sosial maka Pembimbing Kemasyarakatan melakukan pembimbingan tahap awal, disinilah peran strategis pembimbing kemasyarakatan untuk meyakinkan klien pemasyarakatan agar kembali percaya diri menjalani kehidupan sosialnya di masyarakat dan mempunyai kemampuan yang produktif sehingga visi dan misi dari pemasyarakatan itu sendiri dapat tercapai.


Berpedoman pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan bahwa pada poin satu dan dua terkait dengan pembimbingan klien pemasyarakatan yang lebih ditekankan adalah tentang Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan kesadaran berbangsa dan bernegara.

 

Dalam tahap awal ini pembimbing kemasyarakatan diamanahkan agar menekankan dibidang Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama yang klien anut.


Dalam keaktifan penulis selama ini di lapangan lebih banyak bertemu dengan klien yang beragama Islam, sehingga pembimbing kemasyarakatan harus jeli mengambil strategi agar klien pemasyarakatan tersebut benar-benar berubah ke arah yang lebih baik.

Halaman
123
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved