Breaking News:

Liputan Khusus

Kasus Covid-19 di Palembang Meningkat, Pasien Isolasi Mandiri 'Buru' Tabung Oksigen Tapi Stok Habis

Sementara untuk isi ulang tabung oksigen, untuk kapasitas 1 kubik seharga Rp 40.000, sementara ukuran 1,5 kubik dijual Rp 50.000.

Editor: Soegeng Haryadi
SRIPO/SYAHRUL HIDAYAT
Seorang petugas dari Amifa Medica Indonesia melakukan pengisian ulang tabung oksigen ukuran kecil, Senin (5/7/2021). Menurut petugas tersebut, meningkatnya yang akan isi ulang tabung oksigen ini dikarenakan kemarin Minggu (4/7/2021) tempat pengisian tidak buka. Untuk satu tabung ukuan kecil ini isi ulangnya sebesar Rp 50.000. 

PALEMBANG, SRIPO -- Peningkatan kasus Covid-19 di Palembang turut mempengaruhi ketersediaan tabung oksigen. Belakangan banyak warga yang mencari tabung oksigen untuk kebutuhan penanganan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Dari pantauan di lapangan sejak Selasa (6/7) lalu, kekosongan tabung oksigen terjadi dibeberapa toko alat kesehatan (Alkes) di Palembang. Di toko Amifa Medica Indonesia, tabung oksiegen kapasitas 1 sampai 1,5 kubik sudah habis dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Tri, staf toko alkes tersebut, kondisi kelangkaan tabung oksigen tak pernah terjadi sebelumnya. Ia mengatakan, sebelumnya di toko mereka memiliki 50-60 tabung oksigen, namun saat ini sudah habis.

"Orang yang beli kebanyakan yang isolasi mandiri, sehingga sampai saat ini di toko kami habis," ujarnya.

Dengan habisnya tabung oksigen tersebut, Tri mengaku saat ini toko hanya melayani isi ulang saja. "Saat ini kami hanya layani isi ulang. Belum tahu kapan masuk lagi untuk tabung oksigen," jelas Tri.

Terkait harga, meski terjadi kelangkaan, ia mengaku tak ada kenaikan harga untuk penjualan tabung oksigen di Palembang. Untuk satu tabung oksigen ukuran 1 kubik tetap dijual Rp 1,3 juta. Sementara, untuk tabung oksigen satu kali pakai dijual Rp 60 ribu. "Harga masih tetap sama tak ada kenaikan," katanya.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Sementara untuk isi ulang tabung oksigen, untuk kapasitas 1 kubik seharga Rp 40.000, sementara ukuran 1,5 kubik dijual Rp 50.000.

Kondisi serupa terjadi di toko alat kesehatan Graha Medika. Seluruh tabung oksigen ukuran 1 kubik telah habis sejak tiga hari lalu. Saat ini mereka hanya melayani isi ulang tabungoksigen.

Yulia, pegawai toko alat kesehatan Graha Medika menerangkan para konsumen yang melakukan isi ulang banyak terjadi sejak sepekan terakhir. Hingga saat ini tabung oksigen di toko mereka juga telah habis. Ia juga tak menampik, banyaknya warga yang melakukan isolasi mandiri membuat tabung oksigen menjadi barang langka karena dibutuhkan warga yang terpapar Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved