Breaking News:

Kemelut Partai Demokrat

Marzuki Alie Siap Maju di Kongres Luar Biasa, Partai Demokrat Nilai Ilegal dan Inkonstitusional

Isu "kudeta" terus memanas, mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie menyatakan siap maju apabila diselenggarankan Konngres Luar Biasa (KLB).

KOMPAS.com/Indra Akuntono
Mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie 

SRIPOKU.COM --- Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mengaku siap maju menjadi Ketua Umum Partai Demokrat jika diminta dalam Kongres Luar Biasa (KLB). Saat ini, sejumlah pendiri dan kader Partai Demokrat berencana menggelar KLB pada bulan Maret ini.

"Ya (siap), kalau diminta saya tidak bisa menolak. Itu panggilan, sepanjang KLB kuorum," kata Marzuki Alie kepada wartawan, Selasa (02/03/2021).

Marzuki Alie adalah mantan Sekjen Partai Demokrat, merupakan satu di antara tujuh kader yang dipecat DPP Demokrat. Marzuki Alie dianggap melanggar etika Partai Demokrat, sebagaimana rekomendasi Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat.

Sebelumnya, sejumlah pendiri Partai Demokrat berkeinginan menggelar KLB, dan keinginan itu seolah tidak bisa dibendung. Ada beberapa nama yang muncul untuk maju menjadi ketua umum untuk menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono, termasuk diantaranya Mopeldok, Kepala Staf Kepresidenan (KSP).

Baca juga: KLB Partai Demokrat Awal Bulan Ini, Pendiri Partai : Jadwal Diumumkan 3 Hari Sebelum Acara

Baca juga: Jhoni Allen Marbun Sebut SBY Bukan Pendiri Partai Demokrat

Serta Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Menanggapi isu KLB ini, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa penyelenggaraan KLB tersebut ilegal dan inkonstitusional.

"Kalau para pelaku Gerakan Pengambilalihan Kekuasaan Partai Demokrat (GPK PD) masih berencana melakukan KLB, sudah pasti itu inkonstitusional dan illegal,” katanya.

"Inkonstitusional karena KLB harus disetujui Majelis Tinggi Partai (MTP) yang Bapak SBY selaku Ketua MTP, dan Ketum PD (Mas AHY) yang menjadi wakil ketua MTP,” katanya.

"Masak Mas AHY mau mengkudeta diri sendiri?" kata Herzaky, dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Senin kemarin.

Baca juga: Moeldoko Mulai Risih Ditekan dan Dituduh Kudeta Partai Demokrat

Menurut Herzaky, KLB harus memenuhi persyaratan yang tertulis dalam AD/ART, seperti persetujuan dari sebagian pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Halaman
12
Editor: Sutrisman Dinah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved