Breaking News:

Virus Corona

Satgas Targetkan Covid-19 dapat Terkendali 17 Agustus 2021, Analisa FKMUI September 2021

Pandemi Covid-19 dapat terkendali pada September 2021 mendatang dengan mekanisme vaksinasi yaitu 31.000 vaksinator dan orang

SRIPOKU.COM/ANTONI AGUSTINO
Ilustrasi Palembang Bebas Covid-19 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Satgas Covid-19 nasional menargetkan pandemi virus corona dapat terkendali pada 17 Agustus 2021 mendatang dengan dilandasi beberapa faktor yang menunjukkan tren membaik beberapa pekan terakhir.

Melihat kondisi pandemi covid-19 saat ini di Sumsel dengan jumlah kasus konfirmasi sebanyak 15.402 kasus, sembuh 13.283 kasus, dan meninggal 744 kasus, target tersebut sebagai prediksi yang sangat sulit tanpa adanya sinergisitas 3M, 3T dan vaksinasi yang optimal.

Baca juga: Jumlahnya Meningkat, Ini Daftar Zona Merah dan Zona Oranye Covid-19 di Indonesia

Ahli Epidemiologi Sumsel, Dr. Iche Andriyani Liberty, SKM, M.Kes mengatakan bahwa sebelumnya tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indoneisa (FKMUI) juga sudah membuat estimasi mencapai terkendalinya wabah Covid-19 di Indonesia.

Hasil analisisnya, pandemi Covid-19 dapat terkendali pada September 2021 mendatang dengan mekanisme vaksinasi yaitu 31.000 vaksinator dan orang yang mendapatkan vaksin sebanyak 30 orang per hari.

Selain itu, faktor lainnya juga menurunnya angka reproduksi efektif (R4) dari 1,2 saat ini menuju angka 0,9 atau wabah terkendali. 

Baca juga: Tercantum Dalam Pepres, Apa Sanksi Jika Menolak Pemberian Vaksin Covid-19 ?

Menurut Iche, terkait target pemerintah dan prediksi FKMUI tersebut juga dapat terealisasi di daerah Sumsel apabila 17 kabupaten kota dapat mengoptimalkan 3T, 3M dan vaksinasi yang terus berlangsung dan akan masuk ke tahap kedua.

“Target dan estimasi tersebut bukan berarti kita dapat kembali normal, tapi pandemi ‘terkendali’, artinya tetap perilaku hidup sehat tetap diterapkan,” ujarnya.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan di daerah belum menerima arahan langsung terkait target terkendali pandemi pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Belum ada arahan langsung ke daerah, yang ada kemarin instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM berskala Mikro,” ujarnya.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi 11 prioritas di Palembang juga masih dalam tahap dan sosialisasi bagi masyarakat.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved