Breaking News:

Berita Palembang

Vaksinasi Tahap 2 Mulai Maret 2021, Ada 72 Fasilitas Kesehatan Disiapkan Pemerintah Kota Palembang

Pemerintah Kota Palembang mendapatkan alokasi vaksin dengan sasaran prioritas lansia di atas 60 tahun.

SRIPOKU.COM / Rahmaliyah
Ilustrasi vaksinasi: Walikota Palembang, H Harnojoyo bersama unsur Forkompinda Kota Palembang melaksanakan vaksinasi dosis kedua di RSUD Palembang Bari, Jumat (29/1/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku.com Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sebanyak 72 fasilitas kesehatan (faskes) telah disiapkan Pemerintah Kota Palembang untuk melayani proses vaksinasi tahap kedua nanti.

Sasarannya adalah masyarakat umum, seperti lansia, ASN pelayanan publik dan masih banyak lagi.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, untuk di awal Maret, pemerintah mendapatkan alokasi vaksin  dengan sasaran prioritas lansia di atas 60 tahun.

Baca juga: Sedang Ramai, Apa itu Vaksin Nusantara dan Bagaimana Cara Kerjanya Menghadapi Covid-19 ?

Baca juga: BREAKING NEWS: Seorang Bocah 4 Tahun Diculik Orang tak Dikenal di Depan Rumah, Mulut Sempat Dibekap

Kemudian para pelayan-pelayan publik juga, termasuk anggota TNI-Polri, aparat hukum, petugas pelayanan di pelabuhan udara, pelabuhan sungai laut, kereta api, stasiun, terminal, PLN, PDAM.

Selain itu juga para anggota DPRD, pejabat negara yang ada di Palembang, ASN Pemerintah kota Palembang, para guru, dosen, pedagang pasar, tokoh agama, karyawan BUMN BUMD.

Sasaran lainnya adalah para staff di kecamatan, kelurahan, para wartawan, para atlet, petugas pariwisata, karyawan  perhotelan dan juga petugas pariwisata lainnya. 

"72 faskes itu terdiri dari 41 puskesmas, 26 rumah sakit 4 Poliklinik dan 1 kantor kesehatan. Juga sudah ada 512 petugas vaksinator, yaitu orang yang memberikan vaksin," katanya, Jumat (19/2/2021). 

Baca juga: Apa Guru Honorer Masuk Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Tahap 2 ? Ini Jawabannya

Saat ini, kata Dewa, sedang dilakukan pendataan, termasuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), tidak terkecuali, baik ASN maupun non-PNSD yang juga akan diberikan vaksinasi. 

"Untuk informasi jadwalnya, saat ini kita masih melakukan fokus pendataan, setelah pendataan baru kita kirim ke Kementerian melalui Dinkes Provinsi, setelah itu biasanya baru keluar data resmi melalui SMS yang masuk," katanya. 

Ia menyebukan vaksinasi di Kota Palembang saat ini masih terus berjalan, dengan total sasaran mencapai 1,1 juta orang.

Sasaran awal yang ada itu berjumlah 14.403 orang dan yang sudah divaksin dengan dosis pertama kemarin sebanyak 11.390 orang dengan persentase 77,4 persen, dan dosis kedua sebanyak 5.398 dengan persentasenya 36,6 persen. 

Dewa mengajak masyarakat Kota Palembang untuk tak lewatkan jadwal vaksinasi.

Masyarakat tak perlu ragu, sebab Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah menyatakan vaksin ini halal dan suci, sehingga tidak dipertentangkan lagi.

"Untuk sanksi silakan tanya ke Dinkes, namun tentu ini sesuai dengan Juklak dan Juknis dari Pemerintah Pusat," ujarnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved