Breaking News:

Akan Banyak yang Sakit Hingga Meninggal Jika Pemilu Serentak Digelar 2024, Terjadi di Pemilu 2019

Pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah jika tetap disatukan pada 2024, maka beban penyelenggara baik Bawaslu maupun KPU akan semakin berat.

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Anggota Bawaslu Sumsel Junaidi SE MSi. Foto diambil beberapa waktu yang lalu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), A Junaidi, tetap berharap pelaksanaan pilkada tidak dilakukan sama tahunnya dengan pelaksanaan pemilu nasional (Pileg dan Pilpres) pada tahun yang sama 2024 mendatang.

Meski keputusan akhir ada di pemerintah dan DPR RI.

Menurut Junaidi, pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah jika tetap disatukan pada 2024, maka beban penyelenggara baik Bawaslu maupun KPU akan semakin berat.

Libatkan Tim Penyelam, Pencarian Bocah yang Tenggelam di Kampung Kapitan Diperluas hingga Musi IV

"Memang bagi penyelenggara pemilu tidak bermasalah, dimana prinsip dasarnya bagi Bawaslu bersama KPU dan DKPP menjalankan Undang- undang (UU) saja.

Tapi sebaiknya juga putusan MK (Mahkamah Konstitusi) terkait pemilu disikapi arif oleh pembuat undang-undang itu.

Menurut saya selaku pelaksana undang-undang terkait dengan keserentakan Pemilu nasional dan lokal 2024, maka beban berat bagi penyelenggara yang ada nantinya," kata Junaidi, Jumat (5/2/2021).

Diakui Junaidi, ada banyak keluhan terkait pengalaman Pemilu Serentak 2019 yang lalu.

Makin Terang Siapa Sosok yang Dimajukan PAN di Pilgub Sumsel, Kini Tinggal Tunggu SK Zulkifli Hasan

Dimana, sistem lima surat suara dinilai sangat kompleks dan menjadi beban berat penyelenggara. Beban itu akan kian berat, jika pilkada berlangsung di tahun yang sama.

"Terkait penyelenggaran Pemilu 2019 lalu, masih banyak kawan kita sakit dan meninggal, itu akan terulang kembali di 2024 jika dipaksakan," ucapnya.

Diungkapkan Junaidi, ada sejumlah persoalan teknis yang akan terjadi jika pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan pilkada digelar berbarengan pada 2024.

Halaman
123
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved