Breaking News:

Besok Vaksinasi Covid-19 di Sumsel Dimulai, Gandus yang Pertama

Vaksinasi perdana di Palembang rencana di Gandus tanggal 14 (Januari). Gubernur Sumsel pertama vaksin.

SHUTTERSTOCK
Vaksinasi 

PALEMBANG, SRIPO -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan penyuntikan vaksin Sinovac dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk Sumsel mulai dilakukan Kamis, 14 Januari mendatang di Gandus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini, mengatakan, izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah keluar sehingga pelaksanaan vaksinasi telah dapat dilakukan.

"Vaksinasi perdana di Palembang rencana di Gandus tanggal 14 (Januari). Gubernur Sumsel pertama vaksin. Beliau sudah mengatakan itu dan komit. Semoga diberikan kelancaran," ujarnya saat pendistribusian vaksin di Gudang Vaksin di Jalan Mayor Salim Batubara, Selasa (12/1).

Baca juga: Sambut Baik Izin EUA Vaksin Sinovac, Ini Imbauan Prof Yuwono, Ahli Mikrobiologi Sumsel

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru pernah menyebut dirinya akan segera melakukan vaksinasi bagi masyarakat Sumsel. Vaksinasi diawali dengan pemberian vaksin kepada Presiden RI pada 13 Januari 2021. Selanjutnya diikuti pemberian vaksin kepada para kepala daerah mulai dari para gubernur serta bupati/walikota termasuk para tenaga kesehatan.

Pendistribusian vaksin Sinovac dari Gudang Vaksin di Jalan Mayor Salim Batubara menuju gudang farmasi Dinas Kesehatan Kota Palembang di Jl Sosial, Selasa (12/1/2021).
Pendistribusian vaksin Sinovac dari Gudang Vaksin di Jalan Mayor Salim Batubara menuju gudang farmasi Dinas Kesehatan Kota Palembang di Jl Sosial, Selasa (12/1/2021). (sripoku.com/jati)

"Yang harus diingat adalah vaksinasi ini wajib untuk masyarakat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mau divaksin. Namun saat ini tetap melihat skala prioritas sasaran dan skala prioritas ketersediaan vaksin," kata Deru.

Sejalan dengan pemberian vaksinasi tersebut tegas Deru, Pemprov Sumsel akan mengeakselerasi tiga aspek lainnya yakni, peningkatan penanganan kesehatan, masalah sosial dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Perdana, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri: Saya Siap !

“Pengiriman vaksin dilakukan secara bertahap. Kita juga masih menunggu kiriman vaksin yang telah kita pesan. Tolong itu diawasi dan dilakukan pengawalan," bebernya.

Dia menjelaskan, kewajiban vaksinasi tersebut berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular. Undang Undang tersebut bertujuan untuk mewujudkan tingkat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi rakyat Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari tujuan pembangunan nasional.

Selain Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri juga akan menjadi orang pertama di lingkungan Polda Sumsel dan jajarannya yang akan disuntik vaksin sinovac.

"Ya saya siap menjadi orang pertama di lingkungan Polda Sumsel dan jajaran untuk di vaksin," tegas jenderal bintang dua ini, Selasa (12/1).

Baca juga: Efikasi 65,3 Persen Memenuhi Standar WHO, Vaksin Boleh Digunakan dan Begini Penjelasannya

Halaman
123
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved