Breaking News:

Liputan Eksklusif

Soal Vaksinasi, Nakes Harus Ikuti Arahan Pemerintah

Semua nakes di RSI Siti Khadijah pun diakuinya telah didaftarkan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

ISTIMEWA
Ilustrasi Vaksin Corona 

PALEMBANG, SRIPO -- Sejumlah manajemen Rumah Sakit di Kota Palembang mengaku mengikuti arahan pemerintah terkait para Tenaga Medis (Nakes) bakal jadi kelompok yang didahulukan dilakukan vaksinasi Covid-19, Senin (11/1/2021).

Seperti diungkapkan oleh kepala bagian pelayanan Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Khadijah, Nur Indah Fadlika Qoyyum, MARS mengatakan pada prinsipnya pihaknya mengikuti aturan pemerintah yang menjelaskan bahwa tenaga kesehatan diwajibkan untuk divaksinasi.

Semua nakes di RSI Siti Khadijah pun diakuinya telah didaftarkan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Nakes Khawatir Vaksin, Jangan Sampai Jadi Percobaan

"Mengenai kesediannya itu kembali ke pribadi masing-masing, kita sebagai instansi yang sdm nya ada nakesnya sudah mendaftarkan semua nakes untuk divaksin," katanya.

Dijelaskannya, apabila para nakes menolak untuk di vaksin pihak manajemen belum memastikan sanksi apa yang nantinya bakal diberikan. Sebab, sanksi dan kewajiban vaksin Covid-19 ditentukan oleh pemerintah.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebagian tenaga kesehatan di Sumsel yang bakal menjadi sasaran perdana vaksinasi enggan untuk disuntik.

Penolakan dari para itu lantaran hingga vaksin tersebut belum ada uji klinis dari BBPOM belum keluar.

Baca juga: Vaksinasi Urgent, Jika tak Mau Divaksin Harus Beri Alasan

"Sebagai rumah sakit menyediakam vaksin, nantinya kita akan memberikan pelayanan vksin kepada sasaran vaksin yang sdh ditetapkan oleh pemerintah," jelas Indah.

Senada, Humas RS RK Charitas Palembang, Kresna mengungkapkan para tenaga kesehatan di RS Swasta kenamaan tersebut tidak terjadi penolakan.

Para karyawan di sana diwajibkan untuk mengikuti vaksinasi sesuai anjuran dari pemerintah.

Meski tidak sedikit para nakes yang ragu untuk divaksinasi, namun RS RK Charitas Palembang mengaku tetap percaya sepenuhnya dengan vaksin yang diberikan pemerintah terhadap para nakes.

Baca juga: Ketua DPRD Palembang : Jangan Takut Divaksin dan Minta Pemkot Persiapkan Maksimal Vaksinasi Covid-19

Pihaknya pun terus mengikut perkembangan dari Kemenkes terkait perkembangan uji klinis vaksin yang sedang diujicobakan.

"Kalau kita nakes tidak percaya terus gimana? Dari kami tidak ada penolakan nakes yang akan divaksin. Kita sampai saat tetap mengikuti perkembangan Kemenkes," ungkapnya. (oca)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved