Breaking News:

Pemberdayaan Ekonomi

Pandemi, Civil Society dan Pemberdayaan Ekonomi Melalui Masjid

Masyarakat yang terdampak Covid-19, mengalami penurunan kualitas kehidupan dan ter­degradasi secara ekonomi.

Pandemi, Civil Society dan Pemberdayaan Ekonomi Melalui Masjid
ist
M RUSYDI

Oleh: M.Rusydi

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang

Masyarakat yang terdampak Covid-19, mengalami penurunan kualitas kehidupan dan ter­degradasi secara ekonomi. Akbatnya banyak yang mendekati bahkan berada pada ga­ris kemiskinan.

Kemiskinan merupakan salah satu tantangan kemanusiaan yang na­m­paknya sampai kini belum tuntas dijawab oleh berbagai wacana ilmiah yang ber­kem­bang terlebih dengan adanya resesi ekonomi akibat pandemic tersebut.

Agama dalam hal ini Islam tentu saja tidak dapat tinggal diam dihadapkan pada ma­sa­­lah mikro kemanusiaan tersebut, bahkan seyogyanya dapat menawarkan peme­cah­an masalahnya.

Pandemi dan Civil Society

Dalam konteks penanggulangan imbas dari pandemi Covid-19, berbagai upaya pen­ca­­paian kesejahteraan tidak dapat lagi hanya mengandalkan pemerintah dengan ber­ba­gai kebijakannya semata.

Apalagi merajalelanya kemiskinan dan pelemahan pere­ko­nomian masyarakat, seharusnya mendorong penggalian berbagai wacana yang da­pat membantu mencari cara untuk menghindari semakin merosotnya kualitas kehi­dup­an dan lingkungan kehidupan manusia tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, ci­vil society merupakan salah satu wacana modern yang actual kembali untuk “dilirik”, a­gar dapat dapat memberikan penjelasan dan sekaligus membuka peluang untuk mem­buka jalan alternatif dalam membantu peran negara dalam meningkatkan ke­se­jah­teraan rakyatnya.

Sebagai wacana yang dinamis, civil society bersifat terbuka atas berbagai tawaran al­ter­natif baik alternatif dari agama, aliran pemikiran, mazhab fil­safat ataupun pe­ngalaman praksis demokrasi di kawasan tertentu.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved