Breaking News:

Nilai dan Kepuasan Wisatawan Berbasis Wisata Olahraga di Kota Palembang 

Trend di industri pariwisata yang saat ini mulai berkembang pesat dan menarik minat wisatawan adalah wisata olahraga.

SRIPOKU.COM/RM RESHA AU
Dua dari beberapa atlet kayak Indonesia yang tengah bersiap mengikuti perebutan medali nomor Kayak Ganda (K2) 1.000 Meter Putra Asian Games 2018. 

Trend di industri pariwisata yang saat ini mulai berkembang pesat dan menarik minat wisatawan adalah wisata olahraga.

Undang-undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional pasal 19 ayat 1 dan 3, menyebutkan bahwa olah raga rekreasi adalah merupakan olah raga yang dilakukan sebagai bagian dari proses pemulihan kembali kesehatan dan kebugaran dengan tujuan:

a.    memperoleh kesehatan, kebugaran jasmani, dan kegembiraan;

b.    membangun hubungan sosial; dan/atau

c.     melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional.

Berdasarkan undang-undang di atas, maka tentu wisata olah raga dapat dikembangkan menjadi wisata olah raga dan rekreasi,  serta ditambah unsur pelestarian kekayaan budaya daerah dan nasional sehingga terlihat adanya karakteristik pariwisata yang menyatu dengan pengembangan budaya daerah dan nasional.

Kota Palembang sebagai Ibukota Propinsi Sumatera Selatan memiliki potensi untuk mengembangkan wisata olahraga sebagaimana daya tarik budayanya, hal ini tercermin dari salah satu misi kota Palembang yaitu, menjadikan sebagai kota pariwisata sungai dan budaya serta event olah raga berkelas dunia yang harmoni dan selaras antara kehidupan manusia dan alam.

Rencana pengembangan wisata olah raga di kota Palembang, telah dimulai sejak 20 tahun terakhir, yaitu sejak persiapan dan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) di tahun 2004, kemudian diikuti dengan tempat dilaksanakannya ajang olah raga Asia Tenggara (SEA Games) tahun 2011, serta puncaknya adalah berhasil menjadi Host Asian Games ke-18 bersama dengan ibu kota Jakarta di tahun 2018 yang diikuti oleh 45 negara Asia.

Di bulan Februari 2019, Sumatera Selatan - Palembang kemudian ditetapkan sebagai Center of Excellence untuk wisata olahraga di Indonesia oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, dimana hal ini dilatarbelakangi karena keberhasilan kota Palembang dalam menggelar berbagai event olahraga berkelas dunia.

Selain Sea Games 2011 dan Asian Games 2018, terdapat juga event Musi Triboatton, Turnamen Sepak Bola Internasional, Beach Volley se Asia Pasifik dan Asian Triathlon 2017.

Halaman
123
Tags
pariwisata
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved