Breaking News:

Pilkada 2020 di Musi Rawas

KPU Musi Rawas Gelar Simulasi Penggunaan Aplikasi Sirekap di Tingkat TPS

Simulasi ini digelar di TPS 002 Desa Tambangan Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu Kabupaten Musi Rawas, Sabtu (21/11/2020).

dokumen kpu musi rawas
KPU Musi Rawas menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap ditingkat TPS. Simulasi ini digelar di TPS 002 Desa Tambangan Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas, Sabtu (21/11/2020). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Simulasi ini digelar di TPS 002 Desa Tambangan Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu Kabupaten Musi Rawas, Sabtu (21/11/2020).

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Musi Rawas, Apandi, menjelaskan simulasi ini dilaksanakan sama persis seperti proses riil pemungutan dan penghitungan suara dan penggunaan aplikasi Sirekap saat pemilihan nanti.

"Simulasi ini sama riil dengan proses pemilihan yang sesungguhnya. Dimana acara dimulai pukul 07.00 - 13.00. Kemudian untuk penghitungan suara dimulai pukul 14.00 sampai selesai dan selanjutnya masuk ke aplikasi Sirekap.

Dimana petugas mengirimkan foto C-Hasil-KWK melalui aplikasi tersebut," kata Apandi, kepada Sripoku.com, Sabtu (21/11/2020).

Dikatakan, kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap ditingkat TPS ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat, agar menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020.

Selain itu juga untuk memastikan kesiapan petugas dan komponen lainnya dalam penerapan aplikasi Sirekap saat proses rekapitulasi ditingkat TPS.

Sehingga saat hari pemilihan nanti, seluruh petugas dan komponennya sudah betul-betul siap untuk menerapkan aplikasi Sirekap.

Ditambahkan, dalam pelaksanaan simulasi ini, juga menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dimana para pemilih yang datang ke TPS wajib pakai masker.

Bagi yang tidak menggunakan masker, maka disediakan oleh pihak panitia di TPS. Selain itu, petugas juga menyediakan sarung tangan bagi pemilih yang akan masuk ke areal TPS serta penerapan protokol kesehatan lainnya sesuai aturan.

"Penerapan protokol kesehatan harus diterapkan, termasuk saat simulasi ini.

Selain pemilih, petugas calon KPPS dilokasi TPS yang dijadikan lokasi simulasi ini juga wajib pakai APD sesuai ketentuan protokol kesehatan," katanya.

Ket foto
KPU Musirawas menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap ditingkat TPS. Simulasi ini digelar di TPS 002 Desa Tambangan Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musirawas, Sabtu (21/11/2020).

Foto : Dok KPU Musirawas

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved