Breaking News:

Covid19

Simpatisan Habib Rizieq Diminta Tes Covid-19, Klaster Baru Kerumunan Massa

KETUA Satgas Penanggulangan Covid-19, Doni Monardo, mengimbau pendukung dan simpatisan Habib Rizieq agar memeriksakan diri dan jalani tes Covid-19.

Editor: Sutrisman Dinah
kompas.com
Ilustrasi: Habib Rizieq disambut gegap gempita abaikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 

SRIPOKU.COM -- Ketua Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengimbau agar simpatisan dan pendukung yang mengikuti acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq (55), agar menjalani tes Covid-19.

Imbauan itu disampaikan setelah ditemukan klaster baru kasus terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Megamendung ( Bogor, jawa Barat), kelaster Petamburan dan Tebet (Jakarta).

Dari temui ini, hasil sejumlah tes acara di daerah itu,  Doni meminta masyarakat yang ikut dalam penjemputan Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta, Maulid Nabi di Tebet, dan di Megamendung serta acara di Petamburan untuk melapor kepada ketua RT/RW di wilayahnya.

Warga yang mengikuti massa Habib Rizieq juga diminta memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

Baca juga: Klaster Baru Covid-19 Diduga Dipicu Kerumunan Acara Habib Rizieq

Baca juga: FPI Sebut Pangdam Jaya Lucu, Jangan Adu TNI dan Ulama

“Dan kami berharap kerja sama dengan semua komponen masyarakat di berbagai daerah, terutama di Jakarta dan Jawa Barat. Khususnya juga para ketua RT dan RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga-keluarga bagi masyarakat yang kemarin ikut beraktivitas, baik mulai penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Megamendung serta acara terakhir di Petamburan, mohon dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri kepada ketua RT dan RW,” kata Doni Monardo yanng juga Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

“Lantas, kalau bisa dengan kesadaran dan keikhlasan itu memeriksakan diri ke Puskesmas,” kata Doni.

Doni menjelaskan, pemeriksaan di Puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini mereka yang tertular corona.

“Jika ada yang positif, bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah. Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke Puskesmas, demi memutus mata rantai penularan untuk keselamatan bersama,” ujar Doni.

“Hari ini kami telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten dan Jabar,” tambahnya.

Doni mengungkap, Satgas Covid-19 telah mengingatkan terkait potensi kerumunan massa di acara Habib Rizieq. Namun pemerintah pusat maupun daerah, tidak mampu mencegah terjadinya kerumunan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved