Breaking News:

Khutbah Jumat Hari Ini :  Perdamaian dan Keadilan Sebuah Tuntutan Ajaran Tauhid

Martabat kemanusiaan, dengan demikian akan tercapai melalui keyakinan atas Pencipta dan keyakinan melakukan apa yang menjadi kewajiban di muka bumi

SRIPOKU.COM/ANTON
Ilsutrasi shalat 

SRIPOKU.COM, JATENG - Khutbah Jum'at kita hari ini mengambil juduk 'Perdamaian dan Keadilan Sebuah Tuntutan Ajaran Tauhud'.

Materi khutbah ini ditulis Prof Dr H Suparman Syukur MA, guru besar di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Materi khutbah jumat ini dikutip dari Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah.

Khutbah I

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
 

الحمد لله رب العالمين الذي خلق الإنسان أحسن التقويم وأرشدهم إلى سبيل المرشدين وأنعمهم نعما وفير ثم أدخلهم جنة النعيم. أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وهو الملك القدير، وأشهد ان محمدا عبده ورسوله الأمين المرسل رحمة للعالمين لتتميم الأخلاق الكريم. أللهم صل وسلم وبارك على محمد وعلى آله وصحبه أجمعين إلى يوم الدين. أما بعد
فيا أيها الذين امنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وانتم مسلمون. اعوذبالله من الشيطان الرجيم : لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيهِمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَمَنْ يَتَوَلَّ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

Hadirin rahimakumullah, bersyukur kepada Allah adalah mutlak karena manusia tercipta untuk memenuhi kehendak Allah Yang Maha Esa, yakni menjadi khalifah di muka bumi ini.
 

Hal itu terbukti bahwa Allah tetap dan selalu dan akan terus memberi rezeki, berkah, rahmat dan pertolongan agar kita semua mampu menjalankan segala perintah dan menjauhi laranganNya.

Hal itu terbukti bahwa atas ridha-Nya pula pada hari ini kita tetap mendapatkan rahmat untuk menunaikan ibadah jumah di masjid yang agung ini, semoga hal itu tidak lain merupakan manifestasi peningkatan taqwa kita kepada Allah subhanahu wata’ala.

Selawat serta salam semoga selalu tercurahkan bagi junjungan kita Nabiyullah Muhammad SAW para istri, sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in dan para pengikutnya sampai akhir zaman.

Para Nabi sebagaimana kita ketahui mengemban misi utama ketauhidan untuk membimbing umatnya ke jalan perdamaian, keadilan dan kebenaran.

Menanamkan ketauhidan yang berimbas kepada kehidupan yang damai dan adil adalah tugas utama para Nabi yang harus selalu diulang, ditekankan dan diperbaharui terus menerus sehingga umatnya kelak mampu memahami dan menyadari untuk melakukannya sesuai sifat tersebut.

Halaman
1234
Editor: aminuddin
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved