Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Wawancara dengan Ahli Epidemiologi Sumsel, Saya Sebal Masyarakat Mulai Abai Prokes

Angka sembuh dengan persentase 82 persen dan kasus aktif 11,9 persen serta dari sisi pelayanan kesehatan yang juga tergolong baik.

SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Pakar Epidemiologi Sumsel, Iche Andriany Liberty 

17 kabupaten dan kota di Sumsel dinyatakan bebas zona merah, bahkan tiga daerah sebagai zona kuning. Saat ini juga keadaan terkini Covid-19 di Sumsel membaik. Ahli Epidemiolgi Sumsel, Iche Andriany Liberty saat wawancara khusus dengan wartawan Sriwijaya Post, Jati Purwanti mengungkapkan, angka sembuh dengan persentase 82 persen dan kasus aktif 11,9 persen serta dari sisi pelayanan kesehatan yang juga tergolong baik. Berikut selengkapnya petikan wawancara.

Bagaimana update terakhir Covid di Sumsel?
Saat ini sedang bagus. Angka sembuh 82 persen dan kasus aktif 11,9 persen. Dari sisi pelayanan kesehatan bagus

Pertanyaannya, tapi kok kasus bertambah? Masyarakat masih kendor pasti terus menambah kasus baru. Kalau misalnya patuh kasus aktif berkurang, kasus habis.

Ada kriteria tertentu yang menyebabkan kasus terus bertambah tapi jangan jadi pembenaran. Di Sumbar bagus bisa mencapai target karema tracing tinggi.

Penanganan Sumsel belum maksimal positivity rate 24,32 persen. Idealnya 5 persen itu angkanya akan sangat sulit dicapai.

Unjuk rasa menentang UU Omnibus Law Cipta kerja dan momen libur sudah berlalu. Apakah ada klaster dari kedua momen itu?
Kalau klaster penularan dari aksi demonstrasi sampai saat ini belum terinformasi karena memang kegiatan itu susah melacaknya.

Untuk libur panjang sebenarnya hampir mau kita pick minggu ini. Tapi ingin data hingga akhir November. Coba kita lihat bagaimana penambahan kasus kita di Minggu ini.

Apakah memang tidak terjadi penularan atau tidak terdeteksi?
Itulah sulitnya mencari klaster demonstransi karena tidak saling mengenal, kalau tidak teman dekat. Sejauh ini belum ada informasi soal klaster demonstrasi.

Saat ini klaster penularan lebih besar dari klaster perkantoran. Penularan tanpa disadari, contohnya dari aktivitas makan siang bersama, beribadah siang bersama. Mereka mulai longgar.

Saat ini daerah-daerah di Sumsel sudah keluar dari zona merah, bagaimana tindak lanjutnya sehingga tidak kembali lagi ke merah atau malah lebih baik menjadi kuning semua hingga hijau?
Jadi, dari 17 kabupaten kota di Sumsel zona risiko rendah sisanya sedang atau oranye per 8 November artinya minggu sebelumnya. Satu minggu selanjutnya digambarkan zonasi dari Minggu ini.

Halaman
123
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved