Breaking News:

Pilkada 2020 di Sumsel

Paslon dan Parpol Pengusung Ikrarkan Pilkada Damai di KPU Musirawas, Siap Menang dan Siap Kalah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musirawas menggelar kegiatan Deklarasi Damai Pilkada

SRIPOKU.COM / Ahmad Farozi
Ketua KPU Musirawas Anasta Tias bersama paslon Bupati dan Wakil Bupati Musirawas, Ratna Machmud - Hj Suwarti dan H Hendra Gunawan - H Mulyana, secara simbolis melepas balon usai ikrar dan penandatanganan deklarasi damai pilkada tahun 2020 di KPU Musirawas, Selasa (13/10/2020). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musirawas menggelar kegiatan Deklarasi Damai Pilkada Serentak tahun 2020 di halaman kantor KPU setempat, Selasa (13/10/2020).

Deklarasi damai pilkada serentak ini diikuti pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Musirawas yang menjadi peserta pilkada di Kabupaten Musirawas tahun 2020 ini. Yaitu pasangan Ratna Machmud - Hj Suwarti dan H Hendra Gunawan - H Mulyana.

Juga diikuti oleh partai politik pengusung disaksikan Ketua KPU Musirawas, Ketua Bawaslu Musirawas, Kapolres, perwakilan Kodim 0406 dan perwakilan Kejari.

Rangkaian kegiatan deklarasi pilkada damai tahun 2020 ini diawali pembacaan ikrar deklarasi damai dipandu Ketua KPU Musirawas dan diikuti oleh kedua pasangan calon serta partai politik pengusung yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah pembacaan ikrar, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar deklarasi oleh kedua pasangan calon dan parpol pengusung serta yang menyaksikan yaitu Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kapolres, perwakilan Kodim 0406 dan perwakilan Kejari.

Setelah penandatanganan ikrar deklarasi, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua KPU Musirawas bersama Ketua Bawaslu Musirawas Oktureni Sandhra Kirana dan kedua paslon serta parpol pengusung. Seremoni pelepasan balon ini mengakhiri rangkaian kegiatan deklarasi damai pilkada tahun 2020 tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Musirawas Anasta Tias mengatakan, kegiatan deklarasi damai pilkada tahun 2020 ini dilaksanakan dengan harapan pelaksanaan tahapan di Kabupaten Musirawas dapat berlangsung Luber Jurdil.

Kemudian dalam pelaksanaan kampanye dapat berlangsung aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa ujaran kebencian, politisasi SARA dan politik uang.

Dan juga dalam pelaksanaan kampanye diharapkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya juga diharapkan bagi peserta pilkada untuk siap menerima dengan ikhlas keputusan dari hasil pilkada serentak ini, baik menang maupun kalah.

"Akibat proses kampanye, pasti masyarakat terkotak-kotak dan tersekat-sekat. Harapan kami walaupun ada kelompok-kelompok, tapi inilah ruang demokrasi kita.

Karena itu pelaksanaan deklarasi damai pilkada 2020 ini untuk meneguhkan kembali kepada pasangan calon dan pengusung agar dalam berdemokrasi secara sehat dan dewasa.

Walau beda pilihan, tetap saudara. Kedua pasangan calon adalah kader terbaik daerah Musirawas," kata Anasta Tias. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved