Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Doni Monardo : Beban Masyarakat Jangan Terlalu Berat, Test Swab di Puskesmas Harusnya Gratis

Untuk yang di puskesmas seharusnya gratis karena reagen itu diberikan dari pusat, dari Kemenkes dan satgas.

Editor: Azwir Ahmad
Istimewa/handout
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Mahalnya biaya tes usap atau swab yang sangat memberatkan masyarakat menjadi perhatian Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Menurutnya seharusnya pemeriksaan swab atau tes usap di puskesmas bisa didapatkan masyarakat secara gratis. Sebab, puskesmas telah menerima reagen dari pemerintah sebagai salah satu alat untuk pemeriksaan swab.

Karena itu kata Doni, masyarakat dapat melaporkan kepada pemerintah apabila masih menemukan adanya pungutan untuk tes swab. Ia menegaskan, masyarakat tak boleh terbebani dengan biaya tes swab.

"Untuk yang di puskesmas seharusnya gratis karena reagen itu diberikan dari pusat, dari Kemenkes dan satgas. Kemudian juga dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang mengusahakan reagen sendiri," ujar Doni dalam sesi tanya jawab secara daring dengan wartawan, Jumat (9/10/2020).

Karena itu Doni meminta untuk diberi informasi kalau ada yang menemukan ada pungutan-pungutan untuk tes swa. " Sehingga kami bisa mencarikan solusinya. Beban kepada masyarakat tidak boleh terlalu berat apalagi untuk melakukan pemeriksaan spesimen," katanya.

Doni kemudian menjelaskan, masyarakat yang masuk ke dalam kategori kontak erat Covid-19 biasanya menjadi sasaran tracing para tenaga kesehatan. Sehingga, tes swab tak boleh dipungut biaya sekecil apapun.

Menurut Doni pemerintah telah menyalurkan sejumlah mesin untuk tes swab PCR ke sejumlah daerah. Sehingga dari yang awalnya hanya satu laboratorium untuk pemeriksaan swab, kini sudah berkembang menjadi 374 laboratorium.

Kemudian untuk kemampuan testing per hari yang semula 2.000 kemudian meningkat menjadi 10.000-30.000 spesimen. Sekarang sudah rata-rata di atas 35.000 spesimen. Bahkan bisa hampir 50.000 spesimen dalam sehari.

Terbatas Peralatan Kabupaten PALI tak Lakukan Swab Test Mandiri, Fokus Tracking

KPUD OKU Selatan Wajibkan Anggota KPPS dan Petugas Ketertiban TPS Lakukan Rapid Test

Kasus Corona Meningkat, Pemkab Muratara Buka Lagi Rumah Isolasi di Eks Puskesmas Karang Dapo

"Hanya memang belum merata ke seluruh Indonesia. Ada daerah dengan kemampuan yang sudah sesuai standar WHO yakni satu orang per 1.000 penduduk untuk satu minggu, misalnya DKI Jakarta," tambah Doni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Doni Monardo: Pemeriksaan "Swab" di Puskesmas Seharusnya Gratis"

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved