Breaking News:

Lanjutkan Program Pembangunan Berkelanjutan, Pemkab Muba Gandeng ICEF

Bupati Muba Dodi Reza Gandeng ICEF dalam upaya melanjutkan program pembangunan berkelanjutan yang sempat terkendala pandemi Covid-19

SRIPOKU.COM/Fajeri Ramadhoni
Bupati Muba memberi makan kerbau saat melakukan peninjauan petani sawah di Muba, KAmis (30/7/2020) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Sebagai daerah percontohan inisiasi pembangunan berkelanjutan, Musi Banyuasin dalam kepemimpinan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA terus bergerak menginventarisir kelanjutan pembangunan ramah lingkungan di Bumi Serasan Sekate.

Imbas pandemi COVID-19 membuat beberapa program pembangunan berkelanjutan di Muba sedikit terhambat. Namun Pemkab Muba berupaya kembali untuk memulihkan program-program terobosan tersebut.

"Kita akan menuju pada implementasi ekonomi sirkular, dengan menghasilkan produk inovasi yang berkelanjutan," ujar Dodi Reza yang juga Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Indonesia di sela Pertemuan Dengan Tim Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) dan Greneration Foundation di Graha Tirtadi 3rd Floor 308 Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020).

Dodi menyebutkan, selama ini Muba telah memulai implementasi ekonomi sirkular dengan inisiatif pembangunan jalan aspal berbahan karet. "Hasilnya berjalan baik, bahkan Muba menjadi percontohan nasional dan diganjar reward oleh Kementerian PUPR atas keberhasilan terobosan inovasi tersebut," ulasnya.

Lanjutnya, Muba saat ini juga tengah menggarap kawasan industri hijau yang tentunya berkelanjutan, dimana adapula inovasi pengelolaan kelapa sawit menjadi bahan bakar nabati (BBN) yang merupakan energi bari terbarukan.

"Menjadikan ekonomi kita lebih sirkular adalah syarat mutlak jika kita ingin menciptakan masyarakat yang makmur, sekaligus menjaga planet kita. Ekonomi sirkular adalah ekonomi masa depan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, tambah Dodi, Pemkab Muba akan bekerjasama dengan Tim Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) dan Greneration Foundation dalam implementasi nantinya mewujudkan ekonomi sirkular.

"Kita akan bentuk tim bersama Bappeda dan ICEF serta Generation Foundation untuk mewujudkan ekonomi sirkular nantinya di Muba," ungkapnya.

Program Manager ICEF, Fahrian Yovantra menuturkan saat ini sangat perlu membawa Ekonomi Sirkular ke arah kebijakan pemerintah daerah, melalui Rencana Jangka Panjang dan Rencana Jangka Menengah yang terintegrasi dengan kebijakan ekonomi, lingkungan dan sosial sebagai upaya perwujudan target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Bupati Muba Kembali Salurkan Bantuan, Luncurkan Program Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM)

Alasan Muba Babel United Rekrut Mantan Bek Persipura Jayapura Hadapi Liga 2 2020

Jangan Cemas Rekening Bank Swasta seperti BCA, BLT Rp 600 Ribu Segera Cair Ini Penjelasan Kemnaker

"Kami melihat dan menilai Kabupaten dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza sudah ingin memulainya dan ini sangat berkotribusi positif pada perekonomian warga masyarakat Muba," ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan inisiasi Bupati Muba Dodi Reza tersebut tentu akan andil dalam upaya untuk mempercepat implementasi ekonomi sirkular di Indonesia.

Dalam Pertemuan Dengan Tim Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) dan Greneration Foundation tersebut Bupati Muba Dr Dodi Reza turut didampingi Plt Kepala Dinas Perkebunan Muba Akhmad Toyibir SSTP MSi, Ketua Harian LTKL Gita Syahrani, Generation Foundation Via Azlia, Program Officer ICEF Maria dan Stephani.

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved