Breaking News:

Arab Saudi Umumkan akan Menggelar Ibadah Haji 2020 dengan Kuota Jemaah yang Sangat Terbatas

Keputusan untuk membatasi kuota jemaah haji diambil karena Negeri "Petrodollar" masih kewalahan menghadapi lonjakan kasus virus corona.

egyptianstreets.com
Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi pada Senin (22/6/2020) mengumumkan, akan menggelar ibadah haji 2020 dengan kuota jemaah yang sangat terbatas. 

SRIPOKU.COM, RIYADH - Seperti diberitakan sebelumnya bahwa pemerintah Arab Saudi meniadakan atau membatalkan  ibadah haji tahun 2020 karena wabah virus corona atau covid-19 yang belum berakhir.

Keputusan itu diambil untuk mencegah penyebaran covid-19 terhadap para jemaah haji.

Namun pada Senin (22/6/2020) pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan menggelar ibadah haji 2020 dengan kuota jemaah yang sangat terbatas.

Pemerintah Arab Saudi yang merupakan negara juragan minyak itu mengatakan hanya para jemaah yang sudah berada di sana yang diizinkan melakukan ibadah haji.

Calon Jemaah Haji Yang Batal Berangkat Boleh Menarik Setoran Lunas BiPIH, Begini Caranya

Pemerintah Tetap Batalkan Haji 2020, Alasannya tak Cukup Waktu

Menteri Agama: Haji 2021 Hanya Setengah Kuota

Upaya ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona yang masih melanda Arab Saudi maupun negara-negara lainnya.

Kegiatan ibadah haji yang bakal menyedot jutaan umat Islam ke Arab Saudi jika tetap digelar normal, diprediksi bakal menjadi pemicu lonjakan kasus baru Covid-19.

Oleh karenanya, Arab Saudi memutuskan akan menggelar ibadah haji 2020 secara terbatas, menyusul beberapa negara yang telah membatalkan keberangkatan jemaahnya.

"Diputuskan untuk mengadakan ibadah haji tahun ini dengan jumlah yang sangat terbatas... dengan bangsa-bangsa lain yang berada di kerajaan ini," tulis kantor berita resmi Saudi Press Agency, mengutip Kementerian Haji setempat.

"Keputusan ini diambil untuk memastikan ibadah haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat... dan sesuai dengan ajaran Islam dalam melestarikan kehidupan," lanjut bunyi pernyataan itu dikutip dari AFP Senin (22/6/2020).

Persiapan Sudah 100 Persen, Pasutri di Palembang Ini Terima Kenyataan Tidak Jadi Berangkat Haji

Biaya Haji Sudah Disetor Bisa Diambil, Begini Cara Ajukan Permohonan Pengembalian Setoran Pelunasan

Haji 2020 Batal,Pria Paruh Baya di Palembang Ini Tarik Nafas Panjang, Teringat Impian Mendiang Istri

Keputusan untuk membatasi kuota jemaah haji diambil karena Negeri "Petrodollar" masih kewalahan menghadapi lonjakan kasus virus corona.

Halaman
12
Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved