Berita Palembang

Biaya Haji Sudah Disetor Bisa Diambil, Begini Cara Ajukan Permohonan Pengembalian Setoran Pelunasan

Bersamaan itu, jemaah yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan.

egyptianstreets.com
Masjidil Haram di Mekkah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kementerian Agama RI telah memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji 1441H/2020M.

Bersamaan itu, jemaah yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan.

Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama mencatat terdapat 198.765 jemaah haji reguler yang melunasi Bipih 1441H/2020M.

Kakanwil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi menjelaskan bahwa Keputusan Menteri Agama (KMA) No 494 tahun 2020 tentang tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M mengatur bahwa jemaah yang telah melunasi Bipih tahun ini, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih.

Ngaku Polisi Pria di Palembang Ini Berhasil Kencani dan Ambil Barang Beharga Milik Korbannya

 

Panjat Pohon Beringin, Cara 4 Warga Gandus Masuk ke Hotel di Palembang & Curi Barang Katering

“Jemaah yang batal berangkat tahun ini, dapat mengajukan permohonan pengembelian setoran pelunasannya.

Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun ini,” jelasnya melalui rilis resmi, Rabu (3/6/2020).

Dia mengatakan, jemaah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Kepala Kankemenag kabupaten maupun kota tempat mendaftar haji.

Jemaah juga harus menyertakanbukti asli setoran lunas Bipih yang dikeluarkan oleh Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih, fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jemaah haji dan memperlihatkan aslinya, fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Permohonan jemaah tersebut selanjutnya akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kepala Seksi yang membidangi urusan Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kankemenag kabupaten dan kota.

Buronan di Palembang Ini Santai Jadi Tukang Parkir, Melawan Petugas saat Ditangkap, Keok Ditembak!

 

Seorang Mahasiswi di Banyuasin I Ditemukan dengan Tergantung di Kamar, Polisi Duga Ada Motif Asmara

"Jika dokumen dinyatakan lengkap dan sah, Kasi Haji akan melakukan input data pembatalan setoran pelunasan Bipih pada aplikasi Siskohat," kata Fajri.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved