Kemandirian Kelompok Tani

Kemandirian Kelompok Tani Melalui Program Desa Makmur Peduli Api

Corporate Sosial Responsibility (CSR) banyak dikemukakan oleh para ahli salah satunya oleh Magnan dan Farrel pada tahun 2004.

ist
Padi yang berumur 1 bulan, tanaman ke-4 program DMPA Kelompok Tani Melati Desa Karyamukti Kec.Lalan Kab.Musi Banyuasin 

Kemandirian Kelompok Tani 

Melalui Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) 

Oleh: Andi Candra Putra

Penggiat CSR di Palembang

Corporate Sosial Responsibility (CSR) banyak dikemukakan oleh para ahli salah satunya oleh Magnan dan Farrel pada tahun 2004.

Dimana, menurutnya lebih menekankan kepada perlunya member perhatian secara seimbang terhadap kepentingan berbagai stakeholders yang beragam dalam setiap keputusan ataupun tidakan yang diambil oleh para bisnis inisiator melalui perilaku yang secara social bertanggung jawab.

Sedangkan farmer dan Houge lebih menekankan pada komitmen perusahaan untuk mampu mem­beri apa yang masyarakat butuhkan. Perusahaan tidak hanya menyediakan barang dan mem­be­rikan pelayanan terhadap pembeli barang tetapi juga ikut membantu memecahkan masalah-masalah seputar masyarakat (1985).

CSR juga dapat diartikan sebagai operasional bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk me­ning­katkan keuntungan perusahaan secara financial, melainkan pula untuk pembangunan sosial ekonomi kawasan secara holistic, lembaga dan berkelanjutan.

Atau dengan kata lain adalah komitment dari perusahaan untuk mempertanggungjawabkan dampak dari operasional dalam dimensi social, ekonomi dan lingkungan serta menjaga agar dampak tersebut dapat menyumbang manfaat kepada masyarakat dan lingkungan.

Istilah CSR mulai digunakan sejak tahun 1970-an setelah John Elkington mengembangkan tiga po­in penting sustainable development, yakni economic growth, environmental protection, dan social equity, yang digagas juga The World Commission on Environment and Deve­lop­ment  (WCED) dalam Brundtland Report (1987).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved