Opini

Profesi Guru Pekerjaan Mulia Sekaligus Karunia Terindah dari Allah, Jadi Guru 'YES'

Pendidikan diharapakan dapat dinikmati oleh seluruh anak bangsa di negeri ini tanpa terkecuali.

SRIPOKU.COM/RESHA
Suasana siswa SD Negeri 23 Pemulutan, Ogan Ilir saat proses belajar mengajar di tenda darurat. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pendidikan memiliki peranan penting dalam peradaban suatu bangsa. Dengan demikian, bagaimanapun sederhananya peradaban suatu bangsa, maka di dalamnya sudah dapat dipastikan telah terjadi atau berlangsung proses pendidikan.

Maka dari itu sering dinyatakan bahwa pendidikan telah ada di sepanjang peradaban umat manusia. Di dalam bahasa Inggris, kata pendidikan disebut dengan Education, dimana secara etimologis kata tersebut berasal dari bahasa Latin, yaitu Eductum terdiri dari dua kata, E yang artinya perkembangan dari dalam ke luar; sedangkan Duco memiliki arti sedang berkembang.

Sehingga pendidikan diartikan sebagai proses dalam upaya mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu.

Jadi pengertian pendidikan ialah keseluruhan proses pembelajaran yang diberikan ke peserta didik yang bertujuan supaya nantinya mereka akan memiliki kecakapan baik secara intelektual, spiritual maupun emosional.

Pendidikan diharapakan dapat dinikmati oleh seluruh anak bangsa di negeri ini tanpa terkecuali. Sejumlah kebijakan telah dibuat oleh pemerintah Indonesia guna membenahi dan meningkatkan sistem pendidikan.

Hal ini terlihat dengan keseriusan  pemerintah mengucurkan dana sekurang-kurangnya 20 persen dari total APBN dan APBD.

Meski nilainya besar, tapi nyatanya pemanfaatan anggaran tersebut dinilai belum optimal dalam pemerataan kualitas pendidikan Indonesia.

Sebaiknya, perlu mekanisme pelaksanaan dan pengawasan yang baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah serta masyarakat agar penggunaan anggaran tersebut dapat dirasakan dampaknya.

Banyak faktor yang dapat mendukung upaya pemerataan pendidikan di Indonesia, seperti peningkatan kualitas para tenaga pendidik dan kependidikan, biaya pendidikan, sarana dan prasarana pendukung, serta perubahan kurikulum dari masa ke masa.

Dalam pemaparan kali ini, saya akan berfokus kepada mutu seorang guru atau pendidik. Peranan seorang guru menurut pandangan saya, merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan sistem pendidikan di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved