RUBRIK OPINI : OLAHRAGA MERUPAKAN INVESTASI DIRI SENDIRI

RUBRIK OPINI : OLAHRAGA MERUPAKAN INVESTASI DIRI SENDIRI.Berbagai kesibukan yang menyita waktu sehari-hari membuat manusia lupa untuk menyempatkannya

RUBRIK OPINI : OLAHRAGA MERUPAKAN INVESTASI DIRI SENDIRI
IST
RIZKI DIEN WAHYUNI, MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SRIWIJAYA JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT 

RUBRIK OPINI : OLAHRAGA MERUPAKAN INVESTASI DIRI SENDIRI

Di era modern saat ini, rasanya sudah jarang sekali individu dapat berolahraga. Berbagai kesibukan yang menyita waktu sehari-hari membuat manusia lupa untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga. Padahal berolahraga mempunyai segudang manfaat yang sangat penting.

Fakta membuktikan orang yang sering berolahraga tidak mudah terkena depresi, dibanding dengan orang yang jarang berolahraga. Selain itu sering berolahraga dapat memanjangkan umur seseorang, karena ketika kita sering berolahraga penyakit tidak mudah menyerang tubuh.

Selain karena tidak memiliki waktu, penyebab malas berolahraga tentunya karena sarana dan prasarana untuk berolahraga yang sudah jarang ditemukan. Padahal kita tetap bisa melakukan olahraga di dalam ruangan, seperti push up, sit up, squat jump, wall squat, luggage rows, dan gerakan lainnya.

Olahraga tidak bisa sembarangan dilakukan, melainkan harus benar-benar mengetahui dampak dari gerakan yang kita lakukan dan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum berolahraga. Ada baiknya sebelum berolahraga kita tidak makan-makanan berat, pola makan yang baik adalah 4 jam sebelum berolahraga.

Untuk porsi makan disarankan untuk makan secukupnya saja tidak berlebihan. Sedangkan untuk makan makanan ringan disarankan untuk dimakan 3 jam sebelum berolahraga. Mengonsumsi buah sebelum berolahraga sangat dianjurkan, karena tubuh membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam buah.

Tidak lupa mengonsumsi air putih karena tubuh membutuhkan mineral, jangan sampai terjadi dehidrasi. Saat akan memulai olahraga pastikan tubuh dalam kondisi fit. Tidak lupa juga melakukan pemanasan, agar tidak terjadi cidera saat berolahraga.

Akibat tidak melakukan pemanasan ada bermacam-macam yaitu keseleo, kaki terkilir, keram otot, dan lain-lain. Sebelum berolahraga dianjurkan untuk melakukan pemanasan selama 15 menit, mulailah dari merenggangkan otot leher, bahu, tangan, pinggul, hingga kaki.

Lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh. Umumnya tubuh mampu berolahraga 1-2 jam, jangan terlalu memporsir tubuh karena nantinya akan berdampak buruk bagi tubuh. Dan yang paling penting lakukan olahraga walaupun ringan tetapi dilakukan secara rutin.

Olahraga sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh, terutama merangsang pertumbuhan tubuh ideal. Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, maka kalori didalam tubuh akan terbakar. Kalori ini akan diproses menjadi energi tanpa menyisakan lemak pada tubuh sehingga tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

Halaman
123
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved