Demokrat Gusur Kursi PDIP; Untuk Ketua DPRD Palembang, Partai Golkar Hilang Kursi Pimpinan

KPU Palembang secara resmi menetapkan 50 calon legislatif (Caleg) terpilih untuk DPRD Kota Palembang, kemarin. Penetapan perolehan kursi wakil rakyat

Editor: Bejoroy

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - KPU Palembang secara resmi menetapkan 50 calon legislatif (Caleg) terpilih untuk DPRD Kota Palembang, kemarin. Penetapan perolehan kursi wakil rakyat itu dilakukan Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Senin (12/8/2019) di Hotel Swarna Dwipa.

Penetapan dilakukan KPU Sumsel, karena lima komisioner KPU Palembang dinonaktifkan, setelah divonis bersalah melakukan tindak pidana pemilu oleh pengadilan.

Ini Dia 40 Nama Calon Legislatif yang akan Menduduki Kursi di DPRD Kabupaten Lahat Priode 2019-2024

Suara Caleg Hilang, Tim Pendukung Calon Legislatif di OKI Datangi Bawaslu Kayuagung

Dari jumlah perolehan kursi tersebut, Partai Demokrat Palembang yang dinakhodai Harnojoyo, yang juga walikota, merebut kursi DPRD dari PDI Perjuangan. Karena memperoleh 9 kursi, sementara PDIP hanya mendapat 7 kursi. Artinya, kursi pimpinan tertinggi wakil rakyat itu lima tahun ke depan berpindah ke kader Demokrat, dari sebelumnya periode 2014-2019 diduduki kader PDIP.

Diungkapkan Kelly, di Palembang ada tiga perkara di MK dan telah diputuskan permohonan itu semua tidak diterima alias ditolak. "Kami diberi waktu lima hari pasca putusan MK, dan hari ini terakhir batas waktu penetapan," jelasnya. Terdapat sembilan partai politik dipastikan yang ada perwakilannya di DPRD kota Palembang hasil pemilu 7 April 2019 lalu. Parpol tersebut akan mengisi 50 kursi yang tersedia untuk periode 2019- 2024, sesuai dengan SK nomor: 418/PL.01.9-kpts/1671/KPU-Kot/VIII/2019.

Partai Demokrat dipastikan menjadi pemenang pada pemilu legislatif di tingkat DPRD Palembang, dimana partai yang diketuai Walikota Palembang Harnojoyo itu meraih 9 kursi di 6 Daerah Pemilihan (Dapil). Jumlah ini naik dua kursi dibanding pemilu 2014 lalu, dimana partai Demokrat hanya meraih 7 kursi dan berhak kursi wakil ketua.

Dari 9 kursi Demokrat itu, terdapat wajah-wajah baru di antaranya anak saudara dan keponakan Harnojoyo (Yuriana dan Ferry Anugrah), yang baru pertama kalinya maju di Pileg dan langsung lolos. Namun terdapat juga muka lama seperti Zainal Abidin yang merupakan peraih suara terbanyak, kemudian ada Muliadi dan Pomi Wijaya.

Di urutan kedua ada Partai Gerindra yang meraih 8 kursi. Jumlah itu meningkat dibanding 2014 lalu dimana Gerindra hanya meraih 5 kursi. Partai pemenang Pileg 2014 lalu, PDI Perjuangan harus rela tergusur dipuncak setelah pada pemilu 2019 hanya meraih 7 kursi saja. Jumlah ini menurun dibanding pemilu 2014 lalu, dimana partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut meraih 9 kursi di DPRD Palembang.

PAN dan PKB, sama- sama meraih 6 kursi, atau 1 kursi di setiap Dapilnya, termasuk PKS berhasil meraih 5 kursi. Lalu terdapat Partai Golkar yang dipastikan terpental dari kursi pimpinan DPRD Palembang karena hanya berhasil meraih 5 kursi.
Kemudian ada Partai Nasdem yang hanya meraih 3 kursi, atau turun seperti partai Golkar. Nasdem pada pemilu 2014 berhasil meraih 5 kursi di legislatif kota Palembang. Terakhir ada PPP yang hanya meletakan 1 kader terbaiknya yang akan duduk dilembaga legislatif tersebut yaitu Paidol Barokah. Sedangkan 7 partai lainnya dipastikan tidak mendapat jatah kursi di DPRD Palembang pada periode 2019-2024, yaitu Hanura, PBB, PKPI, Berkarya, Garuda, Perindo dan PSI. (ts-arf)

Nama-nama Caleg Palembang
Demokrat (9 kursi)
- Zainal Abidin
- Yuriana
- M Arnisto
- Muliadi
- Pomi Wijaya
- Aldestar
- Ferry Anugrah
- Chairudin Pelita Maret
- Ilyas Hasbullah

Gerindra (8 kursi)
- Adzanu Gentar
- Nazili
- Patra Wibowo
- M Normansyah
- Abdullah Taufik
- Sri Wahyuni
- HM Syukri Zen
- Moch Akbar Alfaro

PDI Perjuangan (7 kursi)
- Duta Wijaya
- Eddy Saad
- RM Yusuf Indra Kesuma
- Ali Sya'ban
- M Firmansyah Hasan
- Misobah HM Sahil
- Alex Andonis

PAN (6 kursi)
- Fauzi Achmad
- Sudirman
- Kgs Ishak Yasin
- Azhari Harris
- Ruspanda Karibullah
- Dauli

PKB (6 kursi)
- H Endar Himawan
- Firmansyah Hadi
- Hj Siti Suhaepah
- Sutami Ismail
- Achamd Nawawi
- Harya Prasthysta Endi Putra

PKS (5 kursi)
- Hj Yulfa Cindosari
- M Ridwan
- Idrus Ropik
- M Hibbani
- Subagio Rachmat Sentosa

Golkar (5 kursi)
- Doni
- Ganefo Rohim
- M Hidayat
- Fahrie Adianto
- Febby Anggi Pratama

Nasdem (3 kursi)
- Ali Subri
- Danu Mirwando
- Donny Prabowo

PPP (1 kursi)
- Paidol Barokah.

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved