Berita Musi Banyuasin

Relawan Kebersihan Arsi dan Pemkab Muba Turun ke Sungai Musi Lakukan Aksi Pungut Sampah

Relawan Arsi bersama Pemkab Muba melakukan aksi pungut sampah dalam menjaga kebersihan sungai yang membelah Bumi Serasan Sekate.

Relawan Kebersihan Arsi dan Pemkab Muba Turun ke Sungai Musi Lakukan Aksi Pungut Sampah
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Relawan Kebersihan Arsi (Arus Musi) dan Pemkab Muba melakukan aksi pungut sampah di dasar sungai Musi yang sedang surut mengering karena kemarau. 

Laporan wartawan sripoku.com, Fajeri

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Peduli lingkungan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama relawan kebersihan Arsi (Arus Musi) dalam menjaga kebersihan sungai musi.

Memanfaatkan sungai musi yang surut relawan kebersihan Arsi bersama Pemkab Muba melakukan aksi pungut sampah dalam menjaga kebersihan Sungai Musi yang membelah Bumi Serasan Sekate.

Ketua Arsi Muba, Herdoni Syafriansyah, mengatakan, kegiatan ini sebagai semangat menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Lingkungan yang bersih tentunya jauh dari sarang penyakit, tim menggunakan kantong plastik dalam memungut sampah yang ada di sungai.

"Jika bergotong royong bersama pekerjaan itu akan lebih mudah dan tentunya dapat mewujudkan pasir Musi yang bersih, agar bisa menarik minat wisata masyarakat untuk berkunjung," kata Herdoni.

Lanjutnya, kegiatan pungut sampah pihaknya akan terus lakukan sampai aliran sungai musi kembali menaik.

"Selama aliran sungau musi masih surut kita terus melakukan aksi ini. Selain itu kita minta kepada masyarakat sekayu, setelah ini jangan buang sampah di sungai lagi karena merusak ekosistem sungai,"jelasnya.

Pembunuhan Nenek Suwarti di Desa Benakat Kabupaten PALI Tahun 2016 Terungkap, Ini Kronologisnya

Sidang Dugaan Korupsi Tugu Tapal Batas Palembang-Ogan Ilir, Terdakwa Ichsan Palsukan Tanda Tangan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Imbau Kepala Sekolah Harus Transparan Pengelolaan Dana BOS

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Wijaya Busro, SH, M.Hum mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan pemeliharaan kebersihan sungai musi ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat yang bermukim atau yang mandi di sepanjang aliran Sungai Musi untuk tetap menjaga kebersihan.

“Sampah dapat menjadi sumber penyakit sehingga diperlukan kesadaran setiap warga untuk membersihkannya. Jangan sampai kedepannya tumpukan sampah yang mengotori wilayah sungai yang selama ini dibiarkan saja harua mulai jaga sekarang ini,"ungkapnya.

Rojaki selaku duta baca Muba yang juga aktif dalam kegiatan lingkungan mengatakan kita tahu sungai adalah bagian dari sumber kehidupan di Sekayu.

Namun, Sungai Musi yang surut ternyata menyimpan sampah plastik yang berasal dari hulu dan terbawa arus hingga ke wilayah Muba. Sebab itu, hari ini kita mengadakan aksi peduli sampah plastik.

"Bersama Kita Bisa" itulah slogan Trash Hero Indonesia, untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih,"ungkapnya. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved