Proses Naturalisasi Menpora Belum Terima Berkas Hilton Moreira

Persyaratan proses naturalisasi Hilton Moreira untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) belum sampai ke meja Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) R

Proses Naturalisasi Menpora Belum Terima Berkas Hilton Moreira
SRIPOKU.COM/RESHA
Hilton Moreira. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Persyaratan proses naturalisasi Hilton Moreira untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) belum sampai ke meja Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi. Hal tersebut disampaikan Menpora Imam Nahrawi saat dikonfirmasi saat mengunjungi atlet Boling yang sedang menjalani Pelatnas di Bowling Center Jakabaring, Rabu (31/7/2019).

Naturalisasi Hilton Moreira Makin Berat Pasca Otavio Dutra dan Marc Klok Jadi WNI Karena 3 Alasan

Nasib Naturalisasi Hilton Moreira Belum Jelas Manajemen Sriwijaya FC Galau

Menurut Imam, usulan naturalisasi semua pemain termasuk Hilton diproses secara prosedural baik lewat Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kemudian Presiden RI.

"Jadi semua usulan naturalisasi diproses secara prosedural, belum lagi syarat-syarat yang akan dipenuhi. Nah saya belum tahu detail sampai dimana syarat-syaratnya (Hilton)," katanya.

Syarat-syarat tersebut, sambung Imam diantaranya keterangan dari kewarganegaraan asalnya, kemauan pribadi pemain, usulan klub serta Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai organisasi yang menaungi sepakbola di Indonesia.

"Ini harus dilengkapi, saya belum menerima itu (persyaratan) di meja saya. Berarti ini (proses) masih dalam proses kajian di institusi lain, saya belum ngecek lagi," terangnya.

Sementara Manajer Tim Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin mengatakan bahwa bahwa pihaknya akan terus berusaha agar proses naturalisasi terealisasi tahun ini mengingat tenaganya dibutuhkan di klub Sriwijaya FC setengah musim di Liga 2 ini.

"Kalau memang lolos (dinaturalisasi), dia disumpah tapi kalau tidak, mau bagaimana lagi," katanya.

Hendri menjelaskan manajemen sudah berkomunikasi dengan pemain asal Brasil itu dan membuka ruang agar Hilton bisa menentukan nasibnya di klub lain mengingat saat ini Hilton tidak bisa memperkuat SFC karena masih berstatus pemain asing.

"Kita buka ruangan dia (Hilton) untuk negosiasi dengan klub lain supaya jangan terlalu berharap dengan klub ini (SFC). Artinya kita tidak ingin memaksakan karena kita sudah semaksimal mungkin.Tapi ada satu celah lagi, kalau celah itu tertutup, sudah tidak ada lagi," ungkap Hendri.

Sementara Hilton Moriera sebelumnya mengatakan persyaratan untuk menjadikan ia sebagai WNI sudah dipenuhinya sehingga saat ini ia hanya menunggu hasil tersebut.

"Semua sudah saya penuhi, saya tidak tahu sekarang prosesnya sudah sampai mana. Yang pasti semua sudah penuhi. Kalau memang tidak bisa, saya segera komunikasi dengan klub lain agar saya bisa bermain setengah musim ini," kata Hilton. (wet/TS)

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved