Breaking News:

Saat Daftar Online Anaknya Banyak Orangtua Gagap Teknologi

Hari kedua dibukanya pendafataran PPDB secara online untuk SMP Negeri di Kota Palembang, Selasa (19/3) membuat orangtu benar-benar kewalahan. Pasalnya

Penulis: Husin | Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Zaini
Ilustrasi - Sejumlah siswa SMPN 54 Maskerebet pulang usai mengikuti pelajaran di SMPN 54 Jalan Maskerebet Palembang. 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Hari kedua dibukanya pendafataran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk SMP Negeri di Kota Palembang, Selasa (19/3) membuat orangtua benar-benar kewalahan.

Pasalnya, orangtua harus membuka situs palembang.demo.siap-ppdb.com dan https://palembang.siap-ppdb.com. Sementara disisi lain, banyak juga diantara mereka yang sama sekali tidak mengerti alias gagap teknologi (Gatek).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMP Dibuka 18 Maret

PPDB MTS Negeri 1 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sudah Over Kuota

Pantauan sripo di lapangan, tampak sejumlah orangtua mendatangi Warnet dan jasa printer. Mereka bukan mau membuka sendiri situs tersebut, tetapi meminta bantuan kepada petugas/pekerja di warnet untuk mengisikan data anak mereka.

Namun ada juga, orangtua datang ke Warnet untuk perbaikan jarak dan alamat rumah. Pasalnya, dari kevalidan data tersebut bisa menentukan siswa tersebut diterima atau tidak, yang berdasarkan jarak dan zonasi.

"Bagi yang perbaikan data, umumnya sudah mendaftar secara online di tanggal 18 maret," kata Lukman, petugas Warnet di Kelurahan Talangkelapa.

Namun selain itu, orangtua juga memgeluhkan pendaftaran online tersebut. Selain ketidakpahaman, juga tidak adanya fasilitas Wifi di rumah sehingga harus ke warnet dan harus antri.

Usai data dimasukan ke online, lembar itu diprinter/cetak karena akan muncul nomor ujian/tes. "Ribet untuk masuk sekolah sekarang ini. Pakai istilah online," kata Mustofa, yang berulang kali menempuk kepalanya.

Suasana ramai juag terlihat di pusat foto copy Andi di Perumnas Talangkelapa. Diakuinya, banyak orangtua yang datang ke tempatnya hanya untuk perbaikan data. Pasalnya, begitu Panitia PPDB mengecek pendafataran onlie dan mengeceknya dengan google map, alamat tersebut tidak terbaca sehingga harus perbaikan.

"Memang dalam pengisian data, tanda titik dan koma harus benar," kata Andi, yang membantu perbaikan data siswa yang mendaftar online.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang menjadwalkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Palembang pada 18 Maret hingga 27 Maret 2019. Periode penerimaan tersebut berlaku untuk pendaftaran lewat jalur zonasi, jalur perpindahan orangtua dan jalur prestasi.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri kota Palembang, Drs. H. Slamet Cahyono, M.Pd mengatakan untuk pendaftaran calon pendaftar bisa mengakses laman resmi PPDB yakni untuk demo pada situs palembang.demo.siap-ppdb.com dan https://palembang.siap-ppdb.com.

"Calon siswa bisa langsung mendaftar secara online baik melalui laptop maupun android," ujarnya.
Penentuan zonasi ini juga menggunakan sistem online karena aplikasinya bisa mengukur seberapa jauh tempat tinggal siswa dengan sekolah yang akan menjadi pilihan melanjutkan pendidikan.

"Jadi, penentuan zonasi menggunakan jarak antara titik koordinat alamat tempat tinggal calon siswa dengan titik koordinat SMP yang dituju," ujarnya, seraya menambahkan, sistem tersebut akan memberikan ketepatan dan keakurasian jarak untuk mendukung sistem zonasi tersebut. (sin)

Jadwal PPDB
1. Sosialisasi : 25-23 Maret 2019
2. Pendaftaran : 18-27 Maret 2019
3. Jalur zonasi
-Verifikasi dan validasi berkas : 18-27 Maret 2019
-Pengumuman : 28 Maret 2019
-Pendaftaran ulang: 29-30 Maret 2019
4. Jalur perpindahan orangtua/wali
-Verifikasi dan validasi berkas : 18-27 Maret 2019
-Pengumuman : 28 Maret 2019
-Pendaftaran ulang: 29-30 Maret 2019
5. Jalur prestasi
(Prestasi akademik dan non akademik)
-Verifikasi dan validasi berkas : 18-27 Maret 2019
-Pengumuman : 28 Maret 2019
-Pendaftaran ulang: 29-30 Maret 2019
(potensi kemampuan akademik)
-Verifikasi dan validasi berkas : 17-20 Maret 2019
-Tes potensi kemampuan akademik : 22 Juni 2019
-Pengumuman : 26 Juni 2019
-Pendaftaran ulang: 27-29 Juni 2019
6. Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) : 15-17 Juli 2019
7. Hari pertama sekolah : 15 Juli 2019

===

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved