Berita Pendidikan

PPDB MTS Negeri 1 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sudah Over Kuota

PPDB MTs Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2019/2020 lampaui kuota hingga dua kali lipat dari kuota penerimaan siswa baru atau sekitar 600-an orang.

PPDB MTS Negeri 1 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sudah Over Kuota
SRIPOKU.COM/Handout
Suasana pendaftaran siswa didik baru di MTsN 1 Palembang. (dokumentasi pribadi MTsN 1 Palembang) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pendaftar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Palembang untuk
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 lampaui hingga dua kali lipat dari kuota penerimaan siswa baru atau sekitar 600-an orang.

"Padahal kami hanya menerima 360 siswa baru namun minat pendaftar pun masih sama tingginya seperti tahun-tahun sebelumnya," jelas Panitia PPDB MTsN 1 Palembang, Andi Amza, Kamis (07/03/2019).

Dia mengatakan, nantinya dari total jumlah siswa yang diterima tersebut akan ditempatkan di tujuh lokal untuk lokasi belajar di kawasan Pahlawan dan lima lokal di Jakabaring serta akan ada satu lokal lewat jalur penerimaan Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) dan Penulusuran Minat dan Prestasi Kejuaraan (PMPK).

Namun, untuk Pelayanan berlaku satu pintu termasuk penyerahan berkas dan tes dilakukan di gedung sekolah yang berada di kawasan Pahlawan.

Setiap lokal kelas, terang Andi, akan diisi oleh 30-33 siswa baru. Aturan ini berlaku baik di lokasi belajar MTsN di Pahlawan dan Jakabaring.

"Adapun pemilihan lokasi MTsN ini ditentukan oleh siswa saat mendaftar. Jadi, ini berdasarkan keputusan masing-masing pendaftar. Kualitas pembelajaran tetap sama meski berbeda tempat belajar," tambah dia.

Andi melanjutkan, saat ini masih tengah berlangsung pendaftaran jalur reguler dan pengumuman kelulusan berkas akan dilakukan pada Sabtu, (09/03/2019) esok.

Selanjutnya pada, Senin (11/03/2019) akan diselenggarakan Tes Potensi Akademik (TPA) lalu tes akan bisa diketahui pada, Rabu (13/04/2019).

Pelaku Pembunuhaan Pasal Hutang Menyerahkan Diri ke Polsek Gandus Palembang

Puluhan Dancer Milenial Kota Palembang Meriahkan Persiapan Millennial Road Safety Festival

Niat Puasa 1 Rajab Mulai Jumat Besok, Berikut Bacaan Arab, Latin dan Arti Serta Keutamaanya

Rangkaian tes untuk peserta jalur pendaftaran reguler ini akan berlanjut pada 14-15 Maret 2019 berupa tes keagamaan yang meliputi tes baca dan tulis Alquran.

"Sementara untuk, pengumuman akhir akan dilaksanakan pada 18 Maret 2019 dan setelah itu pendaftaran ulang pada 19-21 Maret 2019," katanya.

Andi menegaskan, selama proses pendaftaran siswa didik baru melalui dua jalur, baik PMPA/PMPK dan jalur reguler pihak sekolah tidak memungut biaya sama sekali alias gratis.

Penerapan penggratisan biaya tersebut pun memang berbeda dari kebanyakan sekolah yang ada di Palembang dan sudah menjadi keputusan pihak sekolah.

"Kami berlakukan gratis biaya pendaftaran. Tidak ada biaya formulir dan lainnya selama proses pendaftaran. Paling juga kalau bayar, cuma bayar untuk biaya akses internet saat pedaftaran online di www.mtsn1palembang.sch.id ." tegas Andi.(mg3)

===

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved