Berita Lahat

Bursa Inovasi Desa Diharapkan Mampu Jadi Acuan Pemdes di Lahat

Keberadaan Bursa Inovasi Desa (BID) diharapkan bisa menjadi solusi bagi pemerintahan desa (Pemdes) di Kabupaten Lahat

Bursa Inovasi Desa Diharapkan Mampu Jadi Acuan Pemdes di Lahat
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur, SH MM didampingi FKPD dan SkPD Pemkab Lahat saat membuka BID. 

Laporan wartawan Sripoku.com Ehdi Amin

SRIPOKU. COM, LAHAT-- Keberadaan Bursa Inovasi Desa (BID) diharapkan bisa menjadi solusi bagi pemerintahan desa (Pemdes) di Kabupaten Lahat, dalam memecahkan penyelesaian masalah dan rencana pembangunan yang ada di desa.

Terlebih saat ini adanya alokasi dana desa (ADD) bisa memicu desa untuk berinovasi sehingga tujuan dari pemdes itu sendiri bisa dirasakan masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Lahat, Fauzan Khoiri Denin, AP, MM saat pelaksanaan BID yang diikuti ratusan kepala desa di Kabuaten Lahat, di Gedung Kesenian Lahat, Selasa Selasa (4/9/2018).

Ditegaskan Fauzan, melalui BID juga diharapkan akan adanya inisiatif dan alternatif bagi Pemdes dalam rencana pembangunan salah satunya melalui ADD.

Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur,  SH MM didampingi FKPD dan SkPD Pemkab Lahat saat membuka BID.
Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur, SH MM didampingi FKPD dan SkPD Pemkab Lahat saat membuka BID. (SRIPOKU.COM/EHDI AMIN)

Baca: Selebrasi Elang Kembar Albania, Shaqiri & Xhaka Didenda Shkodran Mustafi Lepas dari Sanksi FA

Baca: Hari Pelanggan Nasional & HUT ke-10, Mandiri Inhealth Siapkan Bingkisan Untuk Pelanggan Rawat Inap

“Tujuan kegiatan ini adalah menjual kreasi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh desa, yang mana bisa dicontoh ke dalam wilayah kita sesuai potensi masing masing yang dimiliki desa,” terang Fauzan.

Dijelaskan Fauzan kembali, dari kegiatan ini peserta Kades bakal menerima petunjuk terkait inovasi apa saja yang bisa dilakukan di desanya masing masing, diantaranya beberapa point menu bursa inovasi yang bisa dilakukan meliputi sumber daya manusia maupun lingkungan.

“Harapan kita melalui BID, apa yang telah dilakukan oleh kawan kawan kepala desa yang sudah berhasil melalui tiga bursa inovasi itu bisa kita lakukan di wilayah kita terutama yang bernilai produktif sehingga bisa menghasilkan untuk desanya masing masing,” harap Fauzan.

Ditambahkanya, Kepala desa merupakan Leader dan yang akan memberikan warna di desa. Untuk itu, kepala desa bisa benar benar memilah apa yang bakal dilakukan untuk memajukan serta membangun desanya supaya lebih baik lagi.

“Mau diapakan desa tergantung dari kepala desanya, jadi saya harapkan melalui kegiatan ini kades bisa benar benar memilah potensi apa yang bisa dikembangkan untuk dijadiakan sumber kegiatan baru yang bernilai ekonomi produktif,” tegasnya.

Sementara, Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur, SH MM menyambut baik adannya BID bagi Pemdes di Kabupaten Lahat. Ditegaskanya, sudah saatnya diera sekarang pemdes itu bisa berdikari, berkreasi dan berinovasi yang tujuannya untuk desa itu sendiri.

Manfaatkan semua potensi yang ada dan kelola desa baik sehingga desa maju mandiri. Pemkab Lahat sendiri akan terus mensupport kemajuan pemdes.(*)

Penulis: Ehdi Amin
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved