Buya Menjawab

Sholat Hadiah untuk Orang Sudah Meninggal Dunia

Sebagian umat Islam tidak mempercayai jika amalan orang yang masih hidup bisa bermanfaat buat orang yang sudah mati.

Editor: Bejoroy
sripoku.com/anton
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
Buya, apa memang ada dalilnya sholat hadiah untuk orang sudah meninggal dunia? Sebagian umat Islam tidak mempercayai jika amalan orang yang masih hidup bisa bermanfaat buat orang yang sudah mati.

Mohon penjelasannya buya.

Terima kasih. 0812 88xxxx

Jawaban:
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.
Ananda, amalan orang yang masih hidup dapat bermanfaat buat orang yang sudah mati, contohnya sholat jenazah, memang hadits yang sering dibahas oleh penceramah adalah Apabila mati anak adam terputuslah amalnya, kecuali tiga: Sodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh mendoakannya. SEBAGAIMANA HADITS DI BAWAH INI. Tetapi untuk amalan orang yang masih hidup diperuntukkan pahalanya/manfaatnya buat orang yang sudah mati ada hadist lain.

"Dari Abu Hurairah Ra. Berkata; Telah bersabda Rasulullah saw: Apabila seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya kecuali tiga macam; sodaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendo'akannya". (HR.Abu Daud, Muslim dan Ahmad)

Hadits di atas menunjukkan bahwa amal-amal seseorang yang dilakukan semasa hidupnya, pahalanya masih tetap mengalir kepada orang yang sudah mati dari tiga macam yang ditinggalkan seperti; partisipasinya dalam pembangunan masjid, selama masjid tsb. dimakmurkan oleh kaum muslimin,orang yang sudah mati tsb. tetap mendapat pahala. Begitu pula ilmu yang diajarkan kepada santri-santrinya dan dikembangkan oleh mereka, maka ustaz dan ustazah yang telah wafat mendapat aliran pahalanya. Kemudian jika orang yang sudah mati tersebut meninggalkan anak-anak shaleh, maka do'a mereka akan menambah kebaikan bagi kedua orang tuanya yang sudah mati.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Apabila hadits di atas memberikan pemahaman tentang amal yang dilakukan oleh orang yang mati semasa hidupnya, maka hadits berikut ini menjelaskan apa-apa yang dilakukan oleh orang yang masih hidup buat orang yang sudah mati.

"Dan dari Abi Ubaid Malik ibn Robi'ah Al Sa'idiy Ra. Berkata: "Ketika kami duduk disamping Rasulullah saw. tiba-tiba datang seorang laki-laki dari Bani Salimah maka dia bertanya; "Ya Rasulallah masih adakah suatu kebaikan yang dapat kami lakukan buat kedua orang tua kami yang sudah meninggal?" Maka Rasululah saw. menjawab:" Ia ada; menshalatkan keduanya, memohonkan ampun keduanya, melaksanakan wasiatnya sesudah wafatnya, menjalin silaturrahim dengan keluarga yang ada hubungannya dengan kedua orang tua, dan memuliakan sahabat-sahabat keduanya." (HR.Abu Daud)
Setelah upacara pemakaman selesai, maka apakah masih ada kegiatan amal ibadah yang dapat menambah pahala orang yang telah meninggal?

Masalah apa-apa yang boleh dilakukan oleh keluarga yang masih hidup terhadap orang yang sudah mati, terdapat perbedaan pendapat di kalangan Ulama. Namun untuk memantapkan keyakinan kita akan kebenaran sesuatu yang sudah menjadi tradisi, sehingga menjadi sunnah yang di tradisikan, kajiannya sbb;

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved