Layanan Apotek Rumah Sakit Umum Dr Mohammad Hoesin Semraut

Pasien sampai antrean menunggu obat selama empat jam lebih. Kalau sis­temnya sudah bagus, mulai dari antrean mema­sukkan resep,

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Bejoroy
sripoku.com/zaini
Ilustrasi - Ruang perawatan di RSMH Palembang. 

SRIPOKU.COM -- Yth Pimpinan RSMH. Beberapa hari yg lalu Rabu 13 Oktober 2021 kami antrean obat di bagian farmasi RSMH merasakan tidak nyaman dan ter­kesan semrawut. Pa­salnya pasien sampai antrean menunggu obat selama empat jam lebih. Kalau sis­temnya sudah bagus, mulai dari antrean mema­sukkan resep, diperiksa berkas oleh petugas. Selain ada pemberitahuan panggilan pengambilan obat dari mesin opera­tor, juga ada tertera nomor antrean yg sdh dipanggil berikut dengan klasifikasi pa­sien yang obat racikan, obat kronis, dll.

Semerawutnya itu kalo diperhatikan, setelah empat jam lebih menunggu, nomor antrean pasien dipanggil tapi begitu menuju loket yang disebutkan, pasien-pasien yang nomornya sudah dipanggil masih disuruh antrean duduk kembali. Kata petugas loket pengambilan obat nanti akan dipanggil. Kemudian nomor antrean pa­sien pengambilan obat pun dicatat oleh salah satu petugas lainnya.

Bagi pasien yang tidak sabaran menanti meluapkan kekesalannya dengan menarik resep obatnya sambil berlalu, mereka akan menebus obat di apotek luar saja. Ti­dak dijelaskan apa permasalahannya sehingga bisa antrean pengambilan obat ini begitu memakan waktu lama. Padahal RSMH merupakan rumah sa­kit yang sangat dian­dalkan menjadi rumah sakit rujukan di Palembang, Sumatera Selatan. Mohon ki­ranya manajemen bisa memperhatikan dan mencarikan solusinya. Terima kasih, semoga kita semua diberikan kesehatan. Aamiin.

Terim kasih 08127230****

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Baca juga: HD Resmikan Rawat Inap Graha Eksekutif, Berobat Tak Perlu Keluar Negeri Fasiltas RSMH Sudah Lengkap

Jawab:
Baru mulai Terapkan e-prescring

Terima kasih infonya. Akan coba kami perbaiki. Salah satu penyebabnya karena kita baru mulai e-prescring. Masih banyak kendala di sistem ini. Penggunaan sistem re­sep elektronik (e-prescribing). E-prescribing adalah suatu sistem peresepan dengan menggunakan perangkat lunak yang didesain untuk mempermudah dalam pelayanan peresepan obat mulai dari tahap prescribing (penulisan resep).

Tahap transcribing (pembacaan resep untuk proses dispensing), tahap dispensing (pe­nyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas), tahap administration (proses penggunaan obat) dan proses monitoring.

Manfaat dari e-prescribing dapat meningkatkan keselamatan pasien, peningkatan pemeliharaan obat dan penghematan biaya pasien, proses penyaluran data secara otomatis, sedikit orang yang terlibat, kode obat diperiksa dari kode resep, dan proses labeling dengan menggunakan barcode.

Selain itu, e-prescribing dapat mencegah terjadinya risiko salah membaca resep, da­pat memberikan dosis obat yang tepat, memberikan informasi mengenai riwayat (his­tory) dalam pengobatan sebelumnya, alergi obat-obatan, dan efek dari obat yang di­konsumsi oleh pasien, proses input data lebih cepat, lebih hemat dalam peng­gu­naan kertas dan lebih praktis. (fiz)

Ahmad Suhaimi
Humas RSMH Palembang

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Logo instagram.com/sriwijayapost/
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved