Breaking News:

Lapor Mang Sripo

Tumpukan Sampah di Jalan Protokol

Sudah berlangsung cukup lama diperkenankannya masyarakat meletakkan sampah di sejumlah titik jalan protokol yang punya akses dari luar kota

Penulis: Mat Bodok | Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/CHAIRUL NISYAH
Ilustrasi - Tumpukan sampah memenuhi beberapa ruas di Jalan Dr M Isa Kelurahan Kuto Batu Kota Palembang, Jumat (27/9/2019). 

SRIPOKU.COM -- Kepada Yth Walikota Palembang. Sudah berlangsung cukup lama diperkenankannya masyarakat meletakkan sampah di sejumlah titik jalan protokol yang punya akses dari luar kota bahkan luar Pro­vinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Sehingga berjejerlah tumpukan sampah di trotoar pinggir jalan dan ada juga jejeran kantong di marka jalan seperti di Jalan Kolonel Barlian, jalan dari arah Ker­tapati dan lain lain.

Bisa nggak untuk khusus jalan protokol yang punya akses dari luar kota, sam­pah diambil lebih pagi atau lebih. Sehingga dilihat para tamu dari Kota Palembang tidak ter­ke­san jorok. Kiranya ini jadi perhatian khusus Pemkot Palembang.

Terima kasih. 08957643xxxx

Baca juga: JOROK dan Kotor, Penampakan Tumpukan Sampah di Jalan Alternatif Pagaralam-Lahat Simpang Mbacang

Baca juga: Video: Tumpukan Sampah Sumbat Drainase di Rusun Blok 24 Ilir Kota Palembang

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Jawab:
Ajak Masyarakat Peduli Sampah

Terimakasih atas masukannya yang berkatan dengan sampah dan lingkungan. Untuk masalah sampah di median jalan sepanjang Kertapati dari simpang plyover itu benar banyak tumpukan sampah yang sengaja dilakukan oleh warga di sekitarnya. Namun, di sepanjang Jalan Kolonel Barlian sudah tidak ada karena diantisipasi dengan kotak Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di be­berapa titik. Pihak Lingkungan Hidup (LH) sudah berkoordinasi dengan Camat, Lurah, RT me­ngenai sampah, tetapi hasilnya tidak maksimal.

Diharapkan kepada masyarakat agar buanglah sampah pada TPS yang telah disediakan. Karena pihaknya semakin rutin mengangkut sampah di bagian trotoar pagi, siang, dan sore bahkan sampai malam hari dengan menggunakan kendaraan roda tiga maupun dum truk, semakin bertumpukan sampah dipinggir jalan.

Jujur saja, masalah sampah ini tidak akan tuntas apabila tidak didukung masyarakat dan stake­holder. DLH tidak bias bekerja sendiri dan perlu dukungan stakeholder dan kesadaran masya­rakat. Diharapkan juga masyarakat sendiri harus bisa menegur dan mengingatkan warga apabila membuang sampah bukan pada tempatnya, agar Kota Palembang menjadi Kota Bersinar. Jelas rubarangan karena bias menyebabkan penyebaran penyakit. Namun demikian, DLH akan lebih pa­gi lagi untuk mengangkut sampah di lokasi TPS maupun di pinggiran jalan. (mbd)

Alex Fernandus
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palembang

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved