Breaking News:

Buya Menjawab

Kehidupan di Akhirat Berdasarkan Status Sosialnya di Dunia?

Di akhiirat nanti ummat manusia ini memperoleh kehidupan yang menyenangkan berdasarkan status sosialnya di dunia ini, apa ada pertimbangan lain.

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA, di akhiirat nanti ummat manusia ini memperoleh kehidupan yang menyenangkan berdasarkan status sosialnya di dunia ini, apa ada pertimbangan lain. Mohon penjelasan, Buya. Terima kasih.
08965093xxxx

Jawaban
Wa’alaikumussalam.Wr.Wb.

ANANDA, bisa juga karena seseorang sebagai pemimpin yang adil dia akan memperoleh kehidupan yang senang kelak di akhirat. Apapun status social kita di dunia ini, pangkat jabatan, hartawan, usahawan, nanti di akhirat hanya terbagi kepada dua kelompok saja.

Kelompok pertama di neraka dan kelompok kedua di surga. Merujuk kepada surah Azzumar.

Setelah melalui mekanisme hisab, masing-masing mengikuti ketentuan yang Maha Adil; maka tempat yang disediakan Allah swt. ada dua yaitu Neraka dan Surga; Allah swt. menyatakan dalam firman-Nya,pada Surat Az zumar sebagai beikut: "Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Setelah mereka sampai ke neraka, mereka dibukakan pintu-pintunya dan penjaga-penjaga neraka itu berkata kepada mereka, "Apakah belum pernah datang kepada kamu Rasul-rasul di antaramu yang membacakan ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan pada hari ini"! Mereka menjawab, "Benar"(telah datang).", Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab Allah terhadap orang-orang kafir. Dikatakan kepada mereka "Masuklah lewat pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya." Maka Neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Dan orang-orang yang bertaqwa itu di bawa ke dalam Surga berombong-rombongan (pula), setelah sampai pintu-pintu surga itu terbuka dan penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (berlimpah) atasmu berbahagialah kamu! Maka masuklah ke dalam surga ini sedang kamu kekal di dalamnya. Dan mereka mengucapkan, "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi Janji-Nya kepada kami dan telah menyediakan kepada kami tempat ini dan kami (diperkenankan) menempati tempat di dalam surga di mana saja yang kami kehendaki, maka surga inilah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal." (QS39. Azzumar ayat 71-72-73-74)

Allah menyiapkan tempat bagi hamba-hamba-Nya, sesuai dengan hasil yang diperoleh mereka selama diberikan kesempatan mengumpulkan amal ibadah di alam dunia. Bagi yang lalai, maka lebih banyak amal kejahatannya, nerakalah tempatnya. Bagi yang selalu ingat akan hari pembalasan, mereka lebih banyak amal kebaikannya, maka surgalah tempatnya.

Bagaimana kedahsyatan siksa di neraka, Rasulullah Saw menggambarkannya dalam keterangan beliau: "Dari Ibnu Mas'ud ra. Berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Pada hari Kiamat nanti neraka Jahannam itu akan didatangkan dengan tujuh puluh ribu kendali, dimana setiap kendali ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat". (Riwayat Muslim)

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved