Breaking News:

Buya Menjawab

Bagaimana Cara Menghilangkan Virus Munafik?

Tanda-tanda orang munafik itu: berkata suka berbohong, berjanji suka ingkar, diberi amanah suka berkhianat. Mungkin kita juga terkena virus munafik.

Editor: Bejoroy
ist
Ilustrasi. 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
BUYA tanda-tanda orang munafik itu: berkata suka berbohong, berjanji suka ingkar, diberi amanah suka berkhianat. Mungkin kita juga terkena virus munafik ini.

Bagaimana cara menghilangkannya, Buya. Sepertinya virus munafik ini lebih berbahaya dari virus Covid-19. Mohon pencerahannya.

Terimakasih. 08316028xxxx

Baca juga: Dicap Munafik, Video Rizky Billar Cium Lesty Diungkit, Gerak-gerik Imbas Isu Hamil Duluan Kesorot

Baca juga: Buya Menjawab: Boleh Sholat Jumat dan Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Terbit Pekan Kedua Juni

Jawaban
Wa'alaikumussalam Wr. Wb
VIRUS munafik, tidak bisa diobati secara medis, tapi melalui pendekataan spiritual (agama). Suka berbohong, ingkar janji dan berkhianat termasuk maksiat bathin. Penyakit hati yang dapat dibersihkan melalui pendekatan keagamaan. Secara normatif Rasulullah Saw. menyatakan; "Siapa saja yang melakukan sholat selama empat puluh hari secara berjama'ah dan mendapatkan takbiratul ihram, maka akan dicatat untuknya dua jaminan keselamatan; keselamatan dari api neraka dan jaminan dari kemunafikan." (HR.at-Tirmidzi)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Dari hadits di atas terapi untuk mengobati penyakit munafik adalah sholat berjama’ah di masjid. Justru yang dirasakan berat oleh orang-orang yang terpapar virus munafik adalah sholat berjama’ah Isyak dan Subuh.

Begitu tinggi keutamaan sholat berjamaah di masjid, disamping kelebihan nilainya 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian, juga setiap langkah menuju masjid dihitung kebaikan, menghapuskan kejelekan dan terhindar dari kemunafikan. Orang yang sering berjalan ke masjid pada saat gelap, nanti pada hari kiamat dia akan memperoleh cahaya yang terang benderang. Memang sholat berjamah yang berat dirasakan oleh orang munafik adalah sholat Isya dan Subuh. Padahal keutamaanya seperti dikemukakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh semua imam hadits kecuali Bukhari dan at-Tirmidzi: "Siapa yang melaksanakan Sholat Isya dengan berjamaah, maka dia sama saja telah mendirikan (sholat) setengah malam. Sedangkan siapa yang yang melaksanakan Sholat Subuh dengan berjamaah juga, maka (dengan keduanya) sama saja dia telah mendirikan (sholat) seluruh malam." (HR. Semua imam hadits, kecuali Bukhari dan at-Tirmidzi)

Untuk menekan lajunya virus munafik ini, masyarakat Islam dimotivasi supaya memakmurkan masjid dengan arti meramaikan masjid dalam sholat berjama’ah. Tidak perlu merasa takut tertular covid 19 apabila berjama’ah dimasjid karena Allah Swt. Dalam hadits Kudsi memberikan jaminanNya.

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Keutamaan sholat berjama'ah di masjid juga untuk memupuk sikap kebersamaan, saling menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama komunitas jama'ah dan untuk menghindari kemurkaan Allah Swt. sebagaimana Hadits qudsi yang sampaikan rasulullah Saw.: "Sesungguhnya Allah Swt. berfirman, Sesungguhnya Aku benar-benar akan menimpakan azabKu kepada penduduk bumi, tetapi apabila Aku memandang kepada orang-orang yang meramaikan rumahKu (masjid) dan orang-orang yang saling menyayangi demi karena Aku, serta orang-orang yang mohon ampun di waktu sahur (sholat Tahajjud), maka Aku kesampingkan azabKu dari mereka". (HR.Al-Bayhaqy)

Adapun fadhilah atau keutamaan sholat berjamaah adalah 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian, sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah Saw. riwayat dari Ibnu Umar, Abu Hurairah ra. dari Abu Sa'id al-Khudri, Ahmad dari Ibnu Masud: "Sholat berjamaah itu lebih utama dua puluh tujuh derajat (kedudukan di sisi Allah) daripada sholat sendiri. Sedangkan dalam riwayat lain, Dua puluh lima derajat." (HR.Bukhari)

Demikianlah semoga dengan masjid dimakmurkan, virus munafik dan juga virus corona segera lenyap dari negeri yang kita cintai ini. (*)

ilustrasi
Update 30 September 2021. (https://covid19.go.id/)
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved