Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Buya Menjawab: Boleh Sholat Jumat dan Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Terbit Pekan Kedua Juni

"Jika Bintang (Najm) naik, maka diangkatlah penyakit/virus dari penduduk seluruh negeri” (HR. at-Thabrani)

Sriwijaya Post
Buya Menjawab: Boleh Sholat Jumat dan Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Terbit Pekan Kedua Juni 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Masjid Belum Gelar Sholat Jumat apakah hukumnya, berdosa atau tidak? apa hukumnya masih uzur karena Covid-19 diungkapkan dalam Buya Menjawab dalam rubrik koran Sriwijaya Post.

Rubri Buya Menjawab yang diasuh Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI ini, mendapatkan pertanyaan yang cukup menggelitik, terutama soal bolehkan Sholat Jumat atau tidak Sholat Jumat karena pandemi Covid-19.

Selain itu, kapan Covid-19 ini berakhir? mengingat kini sudah memasuki era new normal.

Maka itu, Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI pun menjawab berdasarkan prediksi dan kemunculan Bintang Tsurayya, dimana Covid-19 disebutkan sudah berakhir di pekan kedua bulan Juni.

Berikut ini pertanyaan kepada Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA di Kota Palembang ini masih ada masjid yang sampai Jumat tanggal 3 Juli 2020 belum membuka masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat. Berarti sejak Jumat tanggal 7 Maret 2020 sudah 15 kali Jumat masjid ditutup. Bagaimana hukumnya Buya. Terimakasih.
081638xxxx

Jawaban Buya

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.

Cukuplah tiga Jumat berturut turut tidak melaksanakan sholat Jumat sejak tgl 27 Maret, 3 April dan 10 April 2020. Sudah cukup terpenuhi maksud qaidah Fiqh: "Apa yg dibolehkan karena darurat sekedar memenuhi kadar/ukuran daruratnya."

Menurut Buya, Minimal bagi yang positif Corona wajib karantina 14 hari, maka  jika sejak 27 Maret tidak Sholat Jumat ke masjid sampai 16 April, berarti sudah mengisolasi diri selama 21 hari, maka Jumat 17 April 2020 Sholat Jumatlah.

Halaman
1234
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved