Breaking News:

Learning Loss Dan Gagalnya Fungsi Sekolah Di Masa Pandemi

Selama masa pandemic covid-19 sejak dua tahun lalu sekolah seperti kehilangan arah untuk mengorganisir pelaksanaan pembelajaran peserta didik.

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Istimewa
DR. Abdurrahmansyah Dosen Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang 

Prolog
Learning loss adalah istilah yang sangat populer saat ini untuk menggambarkan hilangnya pembelajaran di sekolah sebagai akibat tidak dilaksanakannya proses belajar tatap muka.

Selama masa pandemic covid-19 sejak dua tahun lalu sekolah seperti kehilangan arah untuk mengorganisir pelaksanaan pembelajaran peserta didik.

Sebagai solusi pemerintah melaksanakan kebijakan belajar dari rumah melalui sistem pembelajaran online.

Sepintas kebijakan ini sangat tepat seiring dengan dicanangkannya konsep merdeka belajar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Secara umum konsep merdeka belajar adalah memberikan ruang yang luas kepada peserta didik untuk bebas mengakses ilmu pengetahuan dari berbagai sumber belajar di luar kelas melalui internet dan media online.

Sehingga guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar seperti selama ini.

Konsep merdeka belajar tidak lagi dibatasi oleh kurikulum formal, tetapi peserta didik dan guru harus kreatif untuk menggapai pengetahuan.

Peserta didik benar-benar dilatih untuk mandiri.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Jika kebijakan merdeka belajar telah efektif maka proses belajar di masa pandemic dengan menggunakan sistem daring seharusnya tidak menjadi masalah.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved