Breaking News:

Diterapkan Sampai 25 Juli, Apa Sebenarnya arti dari PPKM Level 3 dan 4 ?

Hingga Minggu, 25 Juli 2021, Pemerintah Indonesia secara resmi menerapkan aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) degan level 3 & 4

Editor: Ahmad Sadam Husen
TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Kendaraan truk tak membawa dokumenter kesehatan syarat perjalanan selama PPKM Darurat, diminta putar balik di Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Selasa (20/7/2021). 

SRIPOKU.COM -- Hingga Minggu, 25 Juli 2021, Pemerintah Indonesia secara resmi menerapkan aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) degan level 3 dan 4.

Sebelum menerapkan PPKM level 3 dan 4, Pemerintah sudah lebih dulu menerapkan PPKM Darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Usai ditetapkan sebagai pengganti PPKM Darurat, apa sebenarnya makna dari level 3 dan 4 pada PPKM yang kali ini diterapkan oleh pemerintah ?

Saat dikonfirmasi, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting menjelaskan kedua istilah tersebut hampir sama, karena secara umum ketentuannya sama.

"Identik, hampir-hampir sama kecuali untuk mal, pasar, warteg, warung dan pasar tradisional ada perbedaan jam dan kapasitas," ungkapnya kepada Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Ketentuan PPKM level 4, imbuhnya diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Polisi mengalihkan arus lalu lintas pengendara di pos penyekatan pembatasan mobilitas masyarakat pada PPKM Darurat di wilayah perbatasan menuju Jakarta di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (3/7/2021).
Polisi mengalihkan arus lalu lintas pengendara di pos penyekatan pembatasan mobilitas masyarakat pada PPKM Darurat di wilayah perbatasan menuju Jakarta di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). (ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARS)

===

Larangan Pusat Perbelanjaan

Mengutip aturan itu, pemerintah masih melarang operasional pusat perbelanjaan atau mal.

Namun, pemerintah memperbolehkan akses untuk pembelian delivery atau take away di restoran serta supermarket yang melayani hal kritikal.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved