Anak Demam, Waspadai Terpapar Covid-19, Bawa Segera ke Rumah Sakit, Begini Cara Mendeteksinya

Kalau kita lihat data memang angka kematian pada Balita cukup tinggi dibandingkan anak usia 5-18 tahun, hanya 2 kasus sedangkan 0-5 tahun ada 12 anak

Editor: aminuddin
TribunJogja.com
Ilustrasi anak demam 

SRIPOKU.COM, PEKANBARU - Bukan cuma orang dewasa dan remaja saja yag bisa terpapar Covid-19.

Anak-anak juga rentan terkena.

Masalahnya, kita selaku orangtua sering tidak menyadarinya.

Anak demam misalnya.

Ya dikasih obat demam.

Padahal boleh jadi bukan demam biasa.

Mengacu pada hal itulah, Dokter Spe sialis Anak Citra Cesilia SpA mengimbau orangtua untuk waspada terhadap gejala Covid-19 pada anak, sehingga orangtua tidak terlambat untuk membawa anak ke rumah sakit.

Cesilia SpA melihat fakta yang terjadi, angka kematian anak-anak akibat Covid-19 di Riau cukup mengkhawatirkan, atas kondisi inilah kami jadikan wawancara eksklusif .

Data dari Dinas Kesehatan Riau per 12 Juli 2021, sudah 14 anak yang meninggal dunia.

Sebanyak 12 di antaranya anak-anak di bawah usia lima tahun (balita).

 Dokter spesialis anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad Provinsi Riau, dr Citra Cesilia Sp.A, mengungkapkan, untuk kelompok anak dan remaja, angka yang paling banyak terpapar Covid-19 di kelompok usia 5 sampai 18 tahun.

Sementara kelompok anak usia 0 sampai 5 tahun ini tidak banyak yang terjangkit, namun angka kematian justru lebih tinggi.

Citra yang sehari-hari bertugas di Divisi Respirologi dan Alergi Imunologi Anak RSUD Arifin Ahmad ini mengingatkan orang tua agar tidak menganggap sepele kasus Covid-19 pada anak. 

Sebab banyak orang tua yang menganggap gejala ringan akibat Covid-19 yang dialami oleh si anak sebagai hal yang biasa, sehingga anak tidak segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved