Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Syarat Suatu Daerah Bisa Terapkan PPKM Darurat Menurut Ahli Epidemiologi, Sumsel Sudah Pantas?

"Kalau tidak ada penurunan bisa jadi level yang mengkhawatirkan dan bisa saja Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,"

Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Epidemiolog Universitas Sriwijaya, Iche Andriany Liberty. 

Penulis: Linda

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kasus Covid-19 di Sumsel setiap harinya terus bertambah. Bahkan penambahan dalam sehari mencapai ratusan kasus baru.

Menurut Ahli Epidemiologi dari Universitas Sriwijaya, Iche Andriani Liberty, untuk penambahan kasus Covid-19 ini sangat dinamis dan penambahan kasus beberapa hari luar biasa.

"Kalau tidak ada penurunan bisa jadi level yang mengkhawatirkan dan bisa saja Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat," kata Iche, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, memang untuk PPKM Darurat ditentukan oleh pusat. Dengan melakukan penilaian atau asesmen level situasi wilayah, untuk Sumsel ini terakhir di level 3.

Ucapan Walikota Nanan Terkait PPKM Pengetatan di Lubuklinggau Diunggah Lambe Turah, Ditonton Jutaan

Tapi menurut Iche berjalannya waktu pusat juga akan mengevaluasi. Jika memang sudah urgent maka akan bisa saja diberlakukan PPKM Darurat.

"Penilaian untuk diberlakukan PPKM darurat bukan serta merta dilihat dari zona merah Covid-19 atau oranye, tapi lebih dilihat dari sisi level transmisi dan kapasitas respon, itu yang menilai pusat," katanya.

Ia mencontohkan, kalau transmisi itu bagaimana kasus konfirmasinya, rawat inap rumah sakit, kematian dan lain-lain per Minggunya. Lalu untuk respon berupa 3T (testing, tracing, dan treatment). 

"Kalau kita belum bisa menganalisanya soal pemberlakuan PPKM Darurat. Sebab beberapa data sulit didapatkan, maka pusatlah yang menganalisa dan menentukan," ungkapnya.

Menurut Iche, untuk Sumsel ini kebijakan-kebijakan yang dilakukan juga sudah cukup baik seperti memberlakukan ganjil genap dan lain-lain.

Nah itu diharapkan ada kemajuan yang baik.

Delapan Daerah di Sumsel Zona Merah Covid-19, Begini Respon Gubernur Herman Deru Soal PPKM Darurat

Lalu untuk sektor kesehatan juga sudah berupaya maksimal untuk menerapkan 3T. Walaupun banyak penambahan kasus, namun cepat terdeteksi dan dikarantina.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved