Breaking News:

Buya Menjawab

Waktu Sholat Dalam Keadaan Diinfus

Mulai setiap pukul 17.00 sampai pukul 19.00 malam, sehingga pada saat Maghrib masih diinfus.

Editor: Bejoroy
Istimewa/handout
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamu alaikum.Wr.Wb.
USTADZ, saya di infus karena kropos tulang, setiap 3 bulan sampai 8 kali. Mulai setiap pukul 17.00 sampai pukul 19.00 malam, sehingga pada saat Maghrib masih diinfus. Selama ini sesampai di rumah langsung sholat Maghrib dan terus sholat Isya, tetapi tidak jamak. Tolong saran bagaimana.Terima kasih.
0812788xxxx

Baca juga: Imam Sholat Sambil Duduk, Apakah Boleh Saya Sholat Bermakmum Kepada Suami Saya?

Baca juga: Jangan Tinggalkan 2 Amalan Ini Setelah Sholat, Baca Dengan Tenang Tak Sampai 5 Menit, Dosa Diampuni

Jawab
Wassalamu alaikum.Wr.Wb.
SEMOGA bapak sembuh dan pulih kembali. Dalam kondisi sedang di infus, tiba waktu sholat Maghrib, boleh sholat seadanya (LIHURMATIL WAKTI), artinya menghormati waktu, karena menurut sabda Rasulullah Saw. FA AINAMA ADROKTUMUS SHOLATA FA SHOLLU. (HR.Bukhori Muslim). Artinya: Maka dimana saja kalian bertemu waktu sholat, maka sholatlah kamu.

Dalam kondisi berbaring atau duduk ketika di infus, jika bisa berwudhuk, jika tidak cukup Tayammum. Apabila bisa menghadap kiblat hadapkan ke kiblat jika tidak kemana saja menghadap seperti kita sholat di atas pesawat udara.

Dengan demikian sholat yang dilaksanakan kurang sempurna, oleh karena itu, ketika telah sampai di rumah diwajibkan melakukan sholat Maghrib (Iaadah) mengulangi sholat Maghrib yang dilaksanakan ketika di infus. Setelah itu teruskan sholat isyak masih pada waktunya.

Apabila ketika di infus bapak tidak sholat Maghrib, maka setiba di rumah, sholat Maghribnya menjadi sholat qodho. Demikian penjelasan tentang pertanyaan bapak. (*)

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved