Breaking News:

Sosok Sjamsul Nursalim Punya Gurita Bisnis Asia Hingga Eropa dan Harta Rp 10 Triliun, Kasus SP3 KPK

Sebab, SP3 terhadap Sjamsul Nursalim oleh KPK, kini digugat oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

Editor: Hendra Kusuma
Istimewa/kompas.com
Sjamsul Nursalim (kiri) dan Koordinator MAKI Boyamin Saiman (kanan), berikut Sosok Sjamsul Nursalim Punya Gurita Bisnis Asia Hingga Eropa dan Harta Rp 10 Triliun, Kasus SP3 yang dikeluarkan KPK digugat MAKI dan kini sidangnya digelar di PN Jakarta Selatan, Senin (7/6/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Hari ini Senin (7/6/2021), nama Sjamsul Nursalim kembali menjadi pembicaraan, setelah sebelumnya mendapatkan SP3 atau Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) tersangka korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada awal April 2021 lalu.

Sebab, SP3 Kasus BLBI terkait Sjamsul Nursalim oleh KPK, kini digugat oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

Adapun sidang gugatan praperadilan terhadap Sjamsul Nursalim digelar Senin (7/6/2021) hari ini, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, gugatan itu terdaftar pada 11 Mei 2021.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman angkat bicara dan berharap pihak KPK menghadiri sidang perdana gugatan praperadilan SP3 itu sebagai wujud penghormatan pada proses hukum yang berlangsung.

Ia berharap KPK bisa hadir."Semoga KPK akan hadir sebagai bentuk penghormatan proses hukum."

Selain itu, dia pun meminta KPK memberikan langsung alasan terkait SP3 terhadap kasus Sjamsul Nursalim tersebut.

"Dan tentunya KPK akan memberikan alasan, jawaban, dan bukti atas terbitnya SP3 tersebut," tutur Boyamin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (7/6/2021).

Lantas, siapakah Sjamsul Nursalim, dia merupakan seorang konglomerat yang memiliki gurita bisnis besar di Indonesia dan Asia.

Jauh sebelum sukses, Sjamsul Nursalim yang memiliki nama Liem Tjoen Ho ini, merupakan anak dari seorang pedagang besar di mana pada tahun 1940-an, ayahnya pernah berdagang kopi dan lada di Lampung.

Dia dilahirkan di Lampung dan di tengah keluarga pedagang kaya raya pada tahun 1942.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved