Breaking News:

Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

Keberadaan Dan Peran Pengawas Sekolah Pasca PP 57 Tahun 2021

PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang di­undangkan 31 Maret 2021 tidak mencantumkan keberadaan dan peran pengawas sekolah

Editor: Salman Rasyidin
Keberadaan Dan Peran Pengawas Sekolah Pasca PP 57 Tahun 2021
ist
Dra. Hj. Rini Herlina R., M.Pd

(Hari Pendidikan Nasional 2 Mei)

Keberadaan Dan Peran Pengawas Sekolah Pasca PP 57 Tahun 2021

Oleh : Dra. Hj. Rini Herlina R., M.Pd

Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan

PERATURAN Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang di­undangkan 31 Maret 2021 tidak mencantumkan keberadaan dan peran pengawas sekolah da­­lam menjalankan fungsi pengawasan pada satuan pendidikan.

Hal ini menimbulkan per­ta­nyaan dan reaksi bagi kalangan pengawas sekolah sendiri, bahkan kepala sekolah, guru, dan masyarakat pemerhati pendidikan.

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi meminta pemerintah tidak menghilangkan po­sisi pengawas sekolah.

PB PGRI juga memohon agar keberadaan pengawas sekolah di­kem­balikan dalam rencana re­vi­si PP nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Unifah mene­gas­kan bahwa posisi pengawas sekolah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Selanjutnya dikatakan bahwa keberadaan pe­nga­was sangat dibutuhkan dalam pembinaan manajerial satuan pendidikan dan peningkatan ku­alitas proses pengajaran guru di kelas.

Halaman
1234
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved