Breaking News:

Bisa Mendeteksi Virus Corona Hanya Dalam 10 Menit, Berikut Keunggulan GeNose Versi Pengguna

Untuk mendeteksi seseorang terinfeksi virus corona menjadi lebih mudah dengan alat tes GeNose.

Universitas Gadjah Mada
GeNose C19, alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas, serta hasil pemeriksaan melalui GeNose C19 dapat diketahui dalam waktu sekitar 3 menit. 

SRIPOKU.COM -- Untuk mendeteksi seseorang terinfeksi virus corona menjadi lebih mudah dengan alat tes GeNose.

Alat ini mulai digunakan di Stasiun Bekasi yang dikhususkan bagi penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ), sejak Sabtu (20/3/2021) lalu.

Penyediaan alat tes GeNose untuk mengecek virus corona disambut positif oleh para penumpang yang hendak melakukan perjalanan keluar kota menggunakan moda transportasi kereta api dari Stasiun Bekasi.

Aris (35) seorang penumpang mengatakan disediakannya GeNose di Stasiun Bekasi mempermudah calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan.

“Bagus ya, karena kebetulan saya dekat rumah, tesnya di stasiun juga. Jadi lebih praktis enggak usah ke rumah sakit lagi,” kata Aris di lokasi, Minggu (21/3/2021).

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh calon penumpang.

Pertama, mereka diwajibkan untuk puasa selama 30 menit atau 1 jam sebelum melakukan tes GeNose.

Baca juga: Ini Adalah Tahapan Seleksi CPNS dan PPPK 2021, Segera Siapkan Dokumen Wajib Berikut Ini

Baca juga: Gempa Guncang Lumajang, Jawa Timur, Berikut Kata BMKG

Baca juga: Nekat Tiduri Istri Komandannya di Rumah Dinas, Prajurit X Terima Nasib, Banding Ditolak Karir HANCUR

“Tadi diinformasikan katanya harus puasa dulu, enggak boleh makan atau minum selama 30 menit atau paling lama 1 jam,” tuturnya.

Aris yang hendak berangkat ke Cirebon menjelaskan tes GeNose dilakukannya sehari sebelum jam keberangkatan pada Senin (22/3/2021) esok hari.

“Saya berangkatnya besok, jadi tesnya sekarang,” ungkap Aris.

Senada dengan Aris, Yulistika (27) menjelaskan alat tes GeNose lebih murah dan lebih simpel untuk dilakukan para calon penumpang.

“Lebih murah, tadi bayarnya Rp 30 ribu. Cara pakainya juga simpel, tinggal ditiup kayak balon. Kemudian hasilnya juga langsung keluar 10-20 menit,” ucap Yulistika.

Alat tes GeNose di Stasiun Bekasi dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu dan print bagi analis dan media (LCD, poster) sebagai alat sosialisasi cara melakukan tes GeNose.

Bagi calon penumpang KA yang akan melakukan pemeriksaan Tes GeNose diwajibkan tidak makan atau minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan GeNose Test.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau para calon pengguna yang akan menggunakan layanan tes di Stasiun agar melakukan pemeriksaan H-1 atau satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Editor: adi kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved